13 Negara dengan Tradisi Unik Hari Valentine, Indonesia Punya Festival Melupakan Mantan (1)

| Editor : Risnawati Avin

Foto: Ilustrasi
iyaa.com | Jakarta: Peringatan hari kasih sayang atau Valentine's Day dirayakan dengan beragam cara di berbagai belahan dunia. Didalamnya juga tak jarang tersimpan kisah menarik. Ada yang merayakannya dengan berkirim surat, tukar kado, ataupun makan malam istimewa.

Namun, ada pula beberapa negara yang merayakan Valentine's Day dengan cara berbeda dan unik, termasuk merayakan hari kasih sayang tersebut di tanggal berbeda.

Berikut ini iyaacom sajikan dari berbagai sumber, serba-serbi perayaan hari Valentine yang ada di sejumlah negara:

1. Denmark

Perayaan Hari Valentine di negeri ini dirayakan sejak awal 1990-an, dan menjadi hari libur nasional. Muda-mudi Denmark biasa merayakan hari kasih sayang yang dikenal dengan sebutan Valentinsdag ini dengan tradisi tukar kartu yang dilakukan oleh lelaki pada perempuan yang dia suka.

Si lelaki menulis surat berisi puisi cinta atau rayuan gombal yang harus dibuat dengan kreatif, lalu di akhir surat hanya tertulis anonim alias tanpa nama.

Selanjutnya, tugas para perempuan untuk menebak siapa pengirim surat cinta itu. Jika tebakan sang dara benar maka mereka pun dapat pergi berkencan.

2. Prancis

Negeri yang dikenal paling romantis di dunia ini memiliki perayaan hari Valentine yang lumayan unik tetapi telah dilarang.

Dalam perayaan yang disebut Une Loteria d'amour, para lelaki dan perempuan Prancis berkumpul dalam sebuah rumah. Lalu si lelaki akan mencari perempuan yang cocok menurutnya dan bisa beralih dari satu perempuan ke perempuan lain sampai mereka merasa cocok.

Hal itu tentu membuat beberapa perempuan kecewa dan bersedih, sehingga di akhir acara para perempuan tersebut akan berkumpul di sekitar api unggun.

Apa yang perempuan-perempuan itu lakukan? Mereka akan membakar foto laki-laki yang mencampakkannya. Namun sayang, pemerintah Prancis telah melarang acara ini karena berpotensi merusak dan menghina lawan jenis.

Padahal, sejarah kartu ucapan Valentine pertama berasal dari negeri Menara Eiffel ini.

3. Korea Selatan

Perayaan Hari Valentine di Korsel menjadi yang paling lama di dunia. Pasalnya, pasangan muda di negeri ini merayakannya selama tiga bulan, dari Februari hingga April.

Dimulai pada 14 Februari, saat seorang perempuan memberikan cokelat, permen atau bunga kepada lelaki yang mereka suka. Lalu, sebulan kemudian pada 14 Maret, giliran lelaki yang membalas pemberian romantis sang perempuan sebelumnya, hari ini dikenal dengan White Day.

Namun bagi mereka yang tidak memberikan hadiah atau tidak mendapat belasan hadiah pada saat hari Valentine, mereka akan mengalami Black Day alias hari berkabung pada 14 April.

Tradisi Black Day ini pun dirayakan mereka yang lajang alias jomlo dengan apapun yang serba hitam. Mulai dari mengenakan pakaian hitam, hingga makan dan minum hidangan khas juga berwarna hitam. Yaitu mi kacang hitam bernama Jajangmyeon dan minum kopi hitam.

4. Jepang

Perayaan Valentine di negeri Sakura diperingati dengan cara tak lazim. Pasalnya, para perempuanlah yang harus memberikan hadiah berupa cokelat atau permen kepada pria.

Ada dua jenis cokelat, yaitu 'honmei-choko' dan 'giri-choko'. Honmei-choko berarti 'true love chocolate', diberikan pada pria yang menjadi pujaan hati. Sedangkan giri-choko berarti 'obligation chocolate', yang diberikan pada teman-teman pria atu rekan kerja yang tak memiliki hubungan asmara.

Selanjutnya agak mirip dengan di Korea, para pria Jepang akan memberikan cokelat balasan untuk perempuan yang disukai. Namun cokelat balasan ini diberikan sebulan setelahnya yaitu pada 14 Maret. Selain cokelat, para pria juga akan menghadiahkan perempuan tersebut dengan pakaian atau perhiasan.

5. Filipina

Momen hari Valentine di negeri ini dirayakan para muda-mudi dengan menikah massal. Seorang pendeta akan memimpin upacara pernikahan untuk para pasangan yang ingin mengucap janji setia termasuk mereka yang telah menikah namun ingin memperbarui sumpah pernikahannya. Alhasil, misa pernikahan ini pun diikuti oleh ribuan pasangan. Tradisi ini semakin populer di berbagai kalangan di Filipina.

6. Afrika Selatan

Afrika merayakan hari Valentine dengan menggunakan tradisi Romawi Kuno. Di negeri ini, para perempuan akan blak-blakan membongkar siapa lelaki yang diam-diam mereka kagumi. Caranya, si perempuan akan menuliskan nama seorang lelaki pada pin berbentuk hati yang akan mereka sematkan di baju saat perayaan haru kasih sayang itu.

Para lelaki akhirnya mengetahui siapa pengagum rahasia mereka, lalu mereka akan saling mengenal hingga merasa cocok sebelum mengungkapkan rasa kasih sayangnya. Tradisi Romawi Kuno ini dikenal dengan nama Lupercalia.

Writer: none

Berita Terkait

  1. 13 Negara dengan Tradisi Unik Hari Valentine, Indonesia Punya Festival Melupakan Mantan (2)

    Dalam Festival Melupakan Mantan, peserta dapat mencetak foto mantan pasangan atau kekasihnya untuk dipajang dalam sebuah galeri. More

  2. 7 Negara Ini Sediakan Pantai dan Kolam Khusus Perempuan, Indonesia Salah Satunya

    Berendam di pantai ataupun di kolam air hangat sama-sama menyenangkan. Namun, untuk perempuan berhijab biasanya ada kendala karena pantai ataupun kolam yang tersedia jarang ada yang khusus untuk kaum hawa. More

  3. Jadi Negeri 1000 Festival, Indonesia Gelar Festival Unik dan Mengagumkan Sepanjang 2017

    Festival pertama ditahun ini dimulai dari Singkawang. Berikut ini daftar event pariwisata pilihan yang berlangsung mulai Februari hingga Desember 2017. More

  4. 5 Kecelakaan Mematikan Wahana Permainan di Dunia

    Belum lama ini, seorang remaja perempuan dikabarkan tewas setelah terlempar dari Wahana Tornado di sebuah taman hiburan, Chaohua Park di Chongqing, Cina bagian tengah. More

  5. Tak Hanya di Jakarta, Flashmob Ahok-Djarot Melanda di 6 Negara, Wow!

    Animo masyarakat ternyata tak hanya datang dari warga pemilik KTP DKI yang tinggal di Jakarta, tapi juga datang dari mereka yang juga ber-KTP DKI tetapi tinggal atau sedang berada di luar negeri. More

Choice