15 Destinasi Wisata di Malang Ini Dijamin Bisa Melepas Penat

| Editor : Bayu Mardianto

Foto: 2.bp.Blgspot
iyaa.com | Jakarta: Pergi berlibur dapat menyegarkan pikiran yang penat dengan aktifitas sehari-hari. Liburan bersama keluarga dan pemilihan destinasi wisata yang tepat akan lebih menyenangkan dan meningkatkan kualitas liburan anda.

Malang, salah satu kota di Provinsi Jawa Timur memiliki puluhan obyek wisata unik dan menarik, yang wajib anda sambangi untuk melepaskan kepenatan. Pemandangan alamnya yang indah, suhu udara yang sejuk, dan tempat wisata unik pastinya mampu membuat anda bahagia.

Begitu banyak obyek wisata di kota apel ini, dan butuh waktu lebih dari seminggu bila kita ingin menyambangi seluruh tempat wisata yang ada. Bahkan rasanya kita merasa betah dan tak mau meninggalkan Malang.

Berikut 15 tempat wisata di Malang, seperti iyaa.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Jawa Timur Park 1

Tempat ini merupakan taman rekreasi dan belajar pertama dan terlengkap yang dimiliki oleh Jawa Timur Park Group. Jawa Timur Park 1 merupakan obyek wisata favorit yang paling banyak dikunjungi wisatawan dan menjadi salah satu ikon wisata di Jawa Timur. Di dalam area Jatim Park 1 ini terdapat 60 wahana permainan dan edukasi yang menarik.

2. Jawa Timur Park 2

Jawa Timur Park 2 merupakan kombinasi antara kebun binatang modern, lembaga konservasi, dan museum berstandar Internasional. Obyek wisata yang memiliki luas 22 hektar ini terdapat Museum Satwa, Pohon Inn Hotel, dan Batu Secret Zoo. Batu Secret Zoo pernah dinobatkan sebagai kebun binatang terbaik ke-9 di Asia pada tahun 2014 oleh TripAdvisor. Bila anda ingin bermalam di sini, anda bisa menyewa kamar di Pohon Inn Hotel dengan tarif Rp440 ribu hingga Rp1,4 juta per malamnya.

3. Eco Green Park

Tempat wisata ini berada di sebelah Jawa Timur Park 2. Eco Green Park merupakan taman edukasi bernuansa pedesaan yang mengusung tema ‘Cintai Bumi.’ Taman wisata seluas 6 hektar ini menyajikan 35 wahana pendidikan tentang daur ulang yang bisa dipraktekkan oleh para pengunjung, diantaranya Walking Bird, Jungle Adventure, World Parrot, Earthquake Simulator, Pengolahan Limbah, dan sebagainya.

4. Museum Angkut + Movie Star Studio

Berkunjung ke museum itu membosankan? Tidak juga. Bila anda mau datang ke Museum Angkut di Batu Malang, maka anda menyaksikan suasana berbeda dari museum-museum lainnya yang di dunia. Museum ini memiliki lebih dari 300 koleksi alat angkut kuno hingga modern dari berbagai negara di dunia. Selain itu, museum ini memiliki 16 lansekap kota-kota terkenal di dunia, mulai dari Pelabuhan Sunda Kelapa, Venice, London, Gangster Town, Hollywood dan sebagainya.

5. Museum Tubuh

Museum Tubuh atau The Bagong Adventure berada dalam satu area dengan Jawa Timur Park 1, dan merupakan museum pertama, terbesar, dan terlengkap di Asia, yang memberi pendidikan tentang organ tubuh manusia. Museum yang berada di atas lahan 1,5 hektar ini terdapat 13 zona organ tubuh mausia, seperti zona gigi, zona mata, zona jantung, dan sebagainya.

6. Museum Malang Tempo Doeloe

Sesuai dengan namanya, museum ini menjadi tempat untuk mempelajari sejarah Kota Malang pada masa lalu. Di Museum ini kita bisa melihat sejarah Kota Malang sejak 1,5 juta tahun yang lalu hingga masa-masa kolonial Belanda dan Jepang.

7. D’Topeng Museum

Bila ingin melihat beragam topeng khas dari seluruh daerah di Indonesia, maka anda bisa mendatangi D’Topeng Museum di Malang. Tidak hanya topeng, museum yang berada di dekat Museum Angkut ini juga mengoleksi berbagai benda dari zaman pra-sejarah hingga zaman kerajaan Majapahit.

8. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular (BNS) merupakan taman wisata malam yang sedang populer di Malang. BNS menyajikan berbagai wahana permainan menarik seperti sepeda terbang, taman lampion, trampolin, dan banyak lainnya.

9. Alun-Alun Kota Batu

Alun-alun Kota Batu sepertinya menjadi satu-satunya alun-alun di Indonesia yang memiliki feris wheel atau bianglala, dan beragam arena permainan anak-anak lainnya. Alun-alun ini menjadi pilihan wisatawan yang ingin menikmati tempat wisata yang murah meriah di Malang.

10. Omah Kayu

Omah Kayu adalah penginapan di Kota Batu Malang yang mengambil konsep rumah pohon. Kamar-kamar hotel Omah Kayu yang terbuat dari kayu, berada di atas bukit pinus dan menempel pada pohon. Selama menghabiskan waktu liburan di Malang tidak ada salahnya bila anda menginap di Omah Kayu.

11. Banyu Anjlok

Tempat wisata ini merupakan air terjun yang airnya jatuh di pantai dan langsung mengalir ke laut. Banyu Anjlok menyuguhkan keindahan air terjun, pantai dan lautnya. Air terjun ini terletak di Dampit, Desa Tirtoyudo, Kecamatan Tirtoyudo, Malang.

12. Teluk Bidadari

Teluk Bidadari sebuah teluk yang berada di Pantai Mbehi, Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Malang. Di teluk ada sebuah cekungan dengan air yang jernih dan sangat tenang, sehingga pas untuk anda yang ingin melepas penat.

13. Pemandian Kalireco

Pemandian Kalireco terletak di Desa Sumber Waras, Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Pemandian ini memang tergolong baru dan menjadi salah satu wisata sedang nge-trend di media sosial. Mata air Kalireco ini menyuguhkan pesona wisata air yang sangat mempesona dan menyegarkan. Warna air dari mata air Kalireco sangat jernih, pepohonan yang rimbun, dan hawanya di lokasi ini dijamin membuat anda menjadi tenang dan damai.

14. Coban Nirwana

Coban atau air terjun ini sebenarnya belum punya nama resmi, namun masyarakat di sekitar menyebut Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah. Air terjun ini masih jarang dikunjungi wisatawan, dan belum memiliki fasilitas yang memadai.

15. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah pantai di Malang yang mirip dengan Tanah Lot, Bali. Kemiripan Pantai Balekambang dengan Tanah Lot adalah keberadaan Pura di sebuah pulau di tengah laut. Pantai ini terletak sekitar 65 km sebelah selatan Kota Malang.

Choice