3 Insiden Penyegelan Masjid Ahmadiyah

| Editor : Risnawati Avin

Foto: Ist
iyaa.com | Jakarta: Masjid milik jemaah Ahmadiyah di bilangan Sawangan, Depok, kembali disegel. Ini merupakan kali keenam masjid tersebut ditutup paksa setelah penyegelan pertama terjadi pada 2013 lalu.

Juru bicara Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) Yendra Budiana mempertanyakan penyegelan masjid yang berdiri sejak tahun 1999 itu. Bahkan dia menjelaskan jika Masjid Al Hidayah telah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebagi tempat ibadah dan rumah tinggal sejak tahun 2007.

"Menyayangkan sikap Pemkot Depok yang bersikap diskriminatif dan tidak melaksanakan kewajibannya untuk melindungi warga melaksanakan ibadah dan hak berserikat, berkumpul yang dijamin undang-undang dasar," jelasnya dalam rilis yang diterima redaksi, Jumat (24/2).

Karena itu JAI lanjutnya, meminta ketegasan sikap Presiden melalui Mendagri untuk memastikan pihak Pemkot Depok tidak menghalangi hak beribadah dan berkumpul Komunitas Ahmadiyah.

Penyegelan terhadap masjid yang dikelola Ahmadiyah bukan baru kali ini terjadi dan mengundang keprihatinan dari kelompok maupun aktivis kemanusiaan dan HAM.

Lembaga Amnesty International bahkan pernah menyesalkan tindakan aparat di Indonesia yang menutup paksa rumah ibadah karena jelas merupakan pelanggaran hak asasi warga negara dalam menjalankan ibadah dan keyakinannya.

Berikut ini penyegelan serupa yang menimpa kelompok Ahmadiyah di tanah air:

- Juni 2014, sebuah Masjid di Ciamis disegel. Saat itu, Pemda Ciamis mengatakan penutupan masjid terpaksa dilakukan untuk memelihara kerukunan umat beragama dan untuk menghentikan penyebaran ajaran Islam yang menyimpang.

Penutupan rumah ibadah yang berada di Jalan Cipto Mangunkusumo, Ciamis, itu dilakukan juga atas dasar Peraturan Gubernur Jawa Barat No.12/2011 tentang Larangan kegiatan jemaat Ahmadiyah Indonesia di propinsi itu. MUI Ciamis dan berbagai ormas Islam lain, sebelumnya juga sudah meminta agar masjid Ahmadiyah ditutup dengan alasan meresahkan umat.

- Juli 2016, penutupan paksa masjid milik jemaah Ahmadiyah juga terjadi di Sukabumi, Jawa Barat. Penyegelan masjid Al Furqon dilakukan tanpa adanya surat resmi. Penutupan dilakukan oleh ratusan petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sukabumi yang disaksikan oleh kepala Desa Parakansalak, Camat Parakansalak dan Kapolsek Parakansalak.

Masjid Al-Furqon sudah berdiri di Parakansalak sejak tahun 1975, dibangun dan dikelola oleh komunitas muslim Ahmadiyah dan terbuka untuk umum. Masjid tersebut juga pernah mengalami insiden pembakaran sembilan tahun lalu, tepatnya tahun 2008.



Berita Terkait

  1. Raja Arab Kunjungi Indonesia Setelah 47 Tahun Plus Bawa Tangga Pesawat Sendiri, Wow!

    Tangga motorized yang akan digunakan oleh Raja Salman telah mendarat di Bandara Halim. Raja akan berada di Jakarta dan Bali pada 1-9 Maret. More

  2. Bakal Tampilkan Lagi Model Bugil, Ini 5 Fakta Menarik Majalah Playboy

    Majalah dewasa yang didirikan Hugh Hefner itu pun langsung mempromosikan edisi Maret-April dengan menampilkan model topless playmate Elizabeth Elam sebagai Miss March 2017 disertai tagar NakedIsNormal More

  3. Anak-anak Muda Daerah Ini Tolak Perayaan Hari Valentine

    Sejumlah daerah pun berinisiatif mulai dari mengimbau hingga mengeluarkan larangan agar warganya tidak ikut memperingati hari yang disebut-sebut sebagai hari kasih sayang. More

  4. Berganti Jadi Acara Keagamaan, Ini 5 Fakta Aksi Demo 112 Batal Digelar

    Pihak Kepolisian melarang aksi 112 karena berpotensi mengganggu ketertiban umum, juga karena mendekati masa tenang menjelang Pilkada DKI, Rabu 15 Februari. More

  5. Ini 5 Aksi Teror Bom Molotov Selain di Markas FPI

    Teror bom molotov yang menimpa FPI ini merupakan yang pertama terjadi ditahun 2017. Berikut ini berberapa insiden serupa, teror bom molotov yang terjadi sepanjang 2016. More

Choice