5 Kecelakaan Mematikan Wahana Permainan di Dunia

| Editor : Risnawati Avin

Foto: Ist
iyaa.com | Jakarta: Wahana permainan ekstrim yang ada di sejumlah tempat hiburan pasti diburu orang. Pengunjung datang dengan rasa penasaran untuk menjajal permainan atau sekedar ingin melihat dari dekat.

Salah satu wahana ekstrim menegangkan yang memacu adrenalin adalah roller coaster. Wahana ini menjadi andalan tempat hiburan dan favorit bagi pengunjung. Namun dibalik keseruan wahana yang serasa membuat jantung mau copot ada berbagai kejadian tragis memilukan di dalamnya.

Kecelakaan yang merenggut nyawa pun tak jarang terjadi di taman hiburan, dan tak hanya di wahana roller coaster. Meski pengamanan sudah dibuat begitu ketatnya, tetap saja kecelakaan mengerikan yang merenggut korban jiwa acap kali terjadi.

Berikut ini daftar kecelakaan mengerikan dan mematikan yang terjadi di wahana hiburan di berbagai penjuru dunia:

1. Wahana Tornado, Cina, Februari 2017

Belum lama ini, seorang remaja perempuan dikabarkan tewas setelah terlempar dari Wahana Tornado di sebuah taman hiburan, Chaohua Park di Chongqing, Cina bagian tengah.

Sebelum terlempar, gadis berusia 14 tahun itu sempat bergelantungan dan berpegang pada kursi wahana karena sabuk pengamannya kendor dan besi penghalang tidak cukup kuat menahan tubuhnya.

Media setempat melaporkan, insiden tragis yang terjadi pada Jumat 3 Februari lalu itu akhirnya merenggut nyawa korban. Dia sempat dilarikan ke rumahsakit namun tak jua tertolong.

Rusaknya sabuk pengaman dan besi penghalang yang tak berfungsi dengan baik menjadi penyebab dalam penyelidikan awal polisi. Padahal wahana bernama 'Perjalanan Antariksa' itu terakhir di lakukan uji kelayakan pada Desember 2016 lalu.

Pihak Taman Hiburan memberikan kompensasi ganti rugi terhadap orangtua korban yang merupakan anak tunggal itu sebesar 870 ribu yuan (setara Rp1,7 miliar)

2. Arung Jeram, Australia, Oktober 2016

Wahana Arum jeram di Dreamworld, Queensland, menelan korban jiwa. Wahana bernama Thunder River Rapids Ride yang berada di taman hiburan terbesar di Australia ini mengalami kerusakan teknis alias malfungsi.

Wahana perahu itu terlebih dahulu membawa penumpangnya ke atas dengan menggunakan conveyor belt, untuk kemudian meluncur ke bawah, ke sungai buatan yang dirancang dengan arus deras bak arung jeram sungguhan. Namun, salah satu perahu mengalami malfungsi, perahu itu menabrak perahu lain menjelang akhir rute wahana. Tabrakan pun menyebabkan perahu berbentuk bulat milip roda itu terbalik dan melempar dua penumpangnya.

Media setempat melaporkan, empat orang dewasa tewas dalam kejadian itu, sementara dua bocah berusia 10 dan 12 tahun lolos secara ajaib lolos dari maut.

3. Perosotan Air, Kansas, AS, Agustus 2016


Bocah lelaki tewas dalam kecelakaan di taman bermain air di Schlitterbahn Waterpark di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat. Wahana permaian air yang disebut sebai perosotan tertinggi di dunia. Saat kejadian, Caleb Schwab yang berusia 10 tahun itu naik seluncuran setinggi 168 kaki (52 meter), pada kecepatan sekitar 105 kilometer per jam.

Menurut penyelidikan polisi, Caleb yang merupakan putra dari anggota Partai Republik, Scott Schwab, mengalami "cedera leher fatal" saat tengah bermain wahana bernama Verruckt.

Media lokal melaporkan, usai insiden lokasi kejadian langsung ditutup untuk investigasi penyebab kecelakaan yang mematikan itu pada Minggu 7 Agustus 2016.

4. Roller Coaster, Texas, AS, Juli 2013

Sebuah kecelakaan terjadi di wahana roller coaster di taman hiburan Six Flags Over Texas, AS. Roller coaster yang memiliki tinggi 47 meter dan panjang 1.300 meter itu membuat salah satu penumpangnya terlempar saat melintasi titik tertinggi.

Perempuan tua berusia 52 tahun yang terlempar itu ditemukan di atap salah satu jalur roller coaster dalam kondisi tak bernyawa. Berbagai saksi yang dimintai keterangan memberi keterangan berbeda sehingga penyelidikan pun menjadi rumit.

Ada saksi yang mengaku melihat sabuk pengaman korban sudah terkunci dengan baik namun ada yang mengatakan sebaliknya karena si korban sempat ragu jika sabuk pengamanannya sudah terkunci.

Saksi lain menyatakan jika sabuk pengaman masih dalam posisi terkunci saat roller coaster berhenti sebelum korban terjatuh. Sementara pihak pengelola taman hiburan mengklaim perempuan itu sudah meninggal sebelum terjatuh.

5. Wahana Ruang Angkasa, Shenzen, Juli 2010

Kecelakaan terjadi di wahana Space Journey di taman hiburan Ecoventure Valley di Shenzen, Cina. Wahana tersebut dirancang agar pengunjung dapat merasakan sensasi menaiki roket ruang angkasa dan merasakan dua kali lipat gaya gravitasi.

Namun, terjadi kecelakaan saat wahana tersebut berlangsung, akibatnyaenam orang tewas dan 10 lainnya luka-luka, pada Juli 2010. Saat itu, tak ada penjelasan resmi baik dari kepolisian maupun pihak pengelola wahana mengenai sebab dan kronologi kecelakaan.

Pemerintah kota Shenzen hanya menggelar konferensi pers berisi permintaan maaf dari pihak pengelola wahana. Namun beberapa saksi pengunjung mengungkapkan sesaat sebelum kecelakaan ada bau terbakar disekitar wahanan yang kemudian diikuti dengan ledakan.

Berita Terkait

  1. Tak Hanya di Jakarta, Flashmob Ahok-Djarot Melanda di 6 Negara, Wow!

    Animo masyarakat ternyata tak hanya datang dari warga pemilik KTP DKI yang tinggal di Jakarta, tapi juga datang dari mereka yang juga ber-KTP DKI tetapi tinggal atau sedang berada di luar negeri. More

  2. Disulap Jadi Keren, Ini 5 Fakta Taman Kalijodo

    Dari fotonya saja, Taman Kalijodo pasti sudah mampu menyihir warga untuk datang. Akses ke RTH maupun RPTRA Kalijodo pun juga mudah. Yuk datang More

  3. 10 Gedung Tertinggi di Indonesia, Salah Satunya akan Kalahkan Shanghai Tower di Cina

    The Signature Tower akan menjadi pencakar langit tertinggi di Indonesia, juga Asia. Diprediksi gedung ini akan rampung pada 2020. More

  4. Menanti Jeddah Tower Rampung, Ini 10 Gedung Tertinggi di Dunia

    Pembangunan Jeddah Tower diprediksi selesai pada tahun 2019. Tak ingin ketinggalan dari Arab, Dubai juga sedang mempersiapkan bangunan yang ketinggiannya melebihi Burj Khalifa. More

  5. Bioskop Ala Springbed Diprotes, Ini 5 negara dengan Bioskop Mewahnya

    Studio berkonsep springbed itu merupakan salah satu daya tarik yang ditawarkan pengelola CGV namun dianggap berpotensi menjadi tempat mesum. More

Choice