Ahok Unggul Sementara, Begini Hasil Quick Count Pilkada DKI dari 3 Lembaga Survei

| Editor : Risnawati Avin

Font Size:

iyaa.com | Jakarta: Gelaran Pilkada DKI Jakarta telah usai. Hasil sementara hitungan cepat alias Quick Count dari tiga lembaga survey memastikan jika hajatan demokrasi di Ibu Kota akan berlangsung dua putaran. Pasalnya dari ketiga pasangan cagub-cawagub, belum ada pasangan yang mendapat suara lebih dari 50%.

Dari beberapa lembaga survey yang melakukan Quick Count menunjukkan tren yang sama yakni pasangan nomor urut 2 yaitu Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Saiful Hidayat untuk sementara unggul dalam perolehen suara Pilkada DKI Jakarta.

Disusul kemudian oleh Pasangan nomor urut 3 yakni Anies Baswedan – Sandiaga Uno. lalu posisi terakhir adalah pasangan Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni.

Selisih suara antara pasangan Ahok-Djarot dengan Anies-Sandi pun secara signifikan hanya terpaut tipis. Ini berbeda dengan jumlah suara yang dihimpun pasangan AHY-Slyviana yang berada jauh dibawahnya.

KPU DKI Jakarta sendiri akan memulai proses rekapitulasi suara mulai hari ini hingga Senin 27 Februari mendatang sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Berikut ini hasil Quick Count sementara dari tiga lembaga survey yang dipublikasikan melalui laman resmi masing-masing lembaga, Kamis (16/2):

1. Saiful Mujani Researsc & Consulting (SMRC)


Hasil Quick Count menunjukkan bahwa pasangan Basuki Tjahaya Purnama – Djarot Saiful Hidayat memperoleh suara 43,19%, unggul di atas pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno yang memperoleh suara 40,12% dan Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni yang memperoleh suara 16,69%.

Dua pasangan yang memperoleh suara terbanyak, yakni pasangan Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan – Sandiaga Uno diprediksi maju ke putaran kedua.



2. Indikator

Lembaga yang didirikan oleh Burhanuddin Muhtadi sejak 2013 ini juga me menunjukkan bahwa pasangan Basuki Tjahaya Purnama – Djarot Saiful Hidayat paling unggul dalam perolehan suara Pilkada DKI dengan memperoleh suara 43,16%. Sedangkan pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno memperoleh suara 39,56%. Sementara Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni hanya memperoleh suara 17,28%.

 



3. Cyrus Network

Sementara dari lembaga Cyrus Network yang didirikan oleh Hasan Nasbi, 
pasangan Basuki Tjahaya Purnama – Djarot Saiful Hidayat masih tetap paling unggul dari dua paslon lainnya dalam perolehan suara, yakni sebesar 42,9%. Sedangkan pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno memperoleh suara 39,9%. Dan Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni hanya mampu meraup 17,1% suara.



Seperti diketahui, hasil Quick Count tersebut bukanlah hasil real atau sebenarnya penghitungan perolehan suara dalam Pilkada. Proses rekapitulasi suara Pilkada DKI Jakarta akan dilaksanakan oleh KPUD DKI Jakarta mulai 16 hingga  27 Februari 2017.
Tags :




Berita Terkait

  1. Anak-anak Muda Daerah Ini Tolak Perayaan Hari Valentine

    Sejumlah daerah pun berinisiatif mulai dari mengimbau hingga mengeluarkan larangan agar warganya tidak ikut memperingati hari yang disebut-sebut sebagai hari kasih sayang. More

  2. Tak Hanya di Jakarta, Flashmob Ahok-Djarot Melanda di 6 Negara, Wow!

    Animo masyarakat ternyata tak hanya datang dari warga pemilik KTP DKI yang tinggal di Jakarta, tapi juga datang dari mereka yang juga ber-KTP DKI tetapi tinggal atau sedang berada di luar negeri. More

  3. 3 Bentuk Kreatifitas Warga untuk Pilkada DKI 2017, Ada Lagi?

    Warga Ibu Kota punya caranya masing-masing untuk menunjukan siapa paslon yang mereka pilih. More

  4. Diundang Ahli Waris, Ahok akan Jadikan Makam Mbah Priuk sebagai Situs Religi

    Gubernur DKI non-aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berencana menjadikan kompleks makam Mbah Priok menjadi situs wisata religi di Jakarta berstandar internasional. More

  5. Pakai Hijab, Seorang 'Gadis Ahok' Seperti Diintimidasi oleh Pedagang Pasar Minggu

    Aksi seorang pedagang di Pasar Minggu yang bertanya dengan cara memaksa seorang 'gadis Ahok' berhijab dan menuduhnya menyamar sebagai muslim menjadi viral. More