Dataran Tinggi Dieng Punya 6 Telaga Cantik yang Wajib Dikunjungi

| Editor : Bayu Mardianto

Font Size:

iyaa.com | Jakarta: Dataran Tinggi Dieng sebuah kawasan pegunungan yang berada di wilayah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Kawasan ini terkenal sebagai negeri di atas awan di Jawa Tengah.

Dataran Tinggi Dieng dikelilingi oleh lebih dari 20 pegunungan vulkanik aktif di Jawa Tengah, dan di kawasan ini terdapat 6 telaga yang terbentuk dari kaldera bekas letusan gunung berapi.

Keberadaan telaga dengan air yang jernih dan tenang menambah keindahan pemandangan di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Telaga-telaga yang berada di kawasan pegunungan biasanya menjadi tempat peristirahatan para pendaki gunung.

Berikut iyaa.com rangkum 6 telaga indah yang berada di Dataran Tinggi Dieng.

Telaga Warna


Telaga Warna di Kabupaten Wonosobo ini sudah sangat terkenal dan menjadi destinasi di Dataran Tinggi Dieng yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Telaga Warna adalah telaga vulkanik yang berisi air bercampur belerang dan mineral lainnya. Bila terkena sinar matahari, air telaga ini akan berubah-ubah warnanya menjadi biru, kuning, dan hijau.

Telaga Merdada

Telaga Merdada memiliki luas area sekitar 15 hektar. Keunikan Telaga Merdada adalah telaga ini adalah bentuknya yang mirip mangkuk dan tidak memiliki sumber air dari sungai maupun mata air. Air di Telaga Merdada hanya berasal dari air hujan. Meski telaga ini sebagai salah satu yang terluas di Dataran Tinggi Dieng, namun jarang dikunjungi wisatawan.

Telaga Cebong

Telaga Cebong berada di Desa Sembungan, yang merupakan desa wisata di Gunung Sikunir, Wonosobo. Desa Sembungan juga merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah, dengan ketinggian 2.306 mdpl. Telaga Cebong pada masa lalu memiliki luas 18 hektar, namun kini menyempit dan luas yang tersisa tinggal 12 hektar. Masyarak di Desa Sembungan memanfaatkan air dari Telaga Cebong untuk mengairi sawah mereka.

Telaga Pengilon

Telaga Pengilon berada di samping Telaga Warna, pada sebelah Selatan. Nama Telaga Pengilon dalam bahasa Jawa, yaitu ‘ngilo,’ yang artinya bercermin. Air Telaga Pengilon memang terkenal sangat jernih dan bisa memantul bagaikan cermin. Ada mitos yang diyakini masyarakat sekitar, bahwa Telaga Pengilon bisa mencerminkan sifat atau tabiat seseorang. Apabila seseorang yang berhati baik bercermin di telaga ini maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik. Demikian pula sebaliknya.

Telaga Dringo

Telaga Dringo adalah telaga tertinggi dan terindah di Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau). Telaga ini berada di Kabupaten Batang dan perbatasan Bajarnegara, Jawa Tengah. Keberadaan telaga ini terpisah dari objek wisata popular di Dieng, seperti Komplek Candi Dieng, Kawah Sikidang ataupun Telaga Warna. Meski demikian, Telaga Dringo ini sebenarnya tidak jauh dari obyek wisata di Dieng, arahnya setelah Kawah Candradimuka di Dieng.

Telaga Menjer

Telaga Menjer memilliki kecantikan alam yang sangat sayang untuk kita lewatkan bila mengunjungi Dataran Tinggi Dieng. Telaga ini berada di Desa Menjer, Kecamatan Garung, Wonosobo, dan merupakan telaga terluas di Dieng, dengan luas area 70 hektar. Pemkab Wonosobo menjadikan Telaga Menjer sebagai obyek wisata air, dan juga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
Tags :