Ini 8 Destinasi Wisata yang Angker di Indonesia

| Editor : Bayu Mardianto

Kamar nomo 308, Samudra Beach Hotel, Pelabuhan Ratu, Sukabumi | Foto: Ichahuang Wordpress
iyaa.com | Jakarta: Indonesia punya banyak sekali tempat wisata menarik, mulai dari tempat wisata alam, wisata sejarah, dan wisata budaya.

Pesona keindahan alam Indonesia terhampar mulai dari Pulau Weh hingga Papua. Suku dan budaya bangsa ini pun pun beraneka ragam, serta perjalanan sejarah bangsa dimulai sejak zaman pra-sejarah, kerajaan, masa kolonial hingga kini, menarik untuk dijelajahi dan ditelusuri.

Berbagai tempat wisata di Indonesia memiliki kisah mistis, angker atau menyeramkan. Meskipun lokasi wisata tersebut angker namun justru ramai dikunjungi wisatawan.

Berikut iyaa.com lansir dari sejumlah sumber, 8 tempat wisata di Indonesia yang menyeramkan.

1. Lawang Sewu

Foto: Facebook Elly Rahmi

Berada di jantung ibukota Jawa Tengah, Semarang, Lawang Sewu merupakan kantor pemerintah pada masa kejayaan kolonial Belanda di Indonesia. Dinamai Lawang Sewu (Pintu Seribu) karena gedung megah yang dibangun pada 1904 ini memiliki banyak pintu.

Pada bagian bawah tanah Lawang Sewu, ada beberapa ruangan yang dipercaya sebagai tempat penyiksaan tahanan oleh pemerintah kolonial Belanda. Konon, diantara koridor dan ruangan-ruangan itu sering terlihat sosok mahluk halus dan terdengar suara jeritan dan tangisan.

2. Lubang Buaya

Tempat ini merupakan pusat pelatihan Partai Komunis Indonesia (PKI), yang berada di Cipayung, Jakarta Timur. Tempat ini juga menjadi penyiksaan sekaligus tempat penyiksaan, pembunuhan, dan penguburan 7 perwira dan personel TNI. Konon, sering terdengar suara teriakan kesakitan dari lubang yang menjadi tempat penguburan jenasah ketujuh pahlawan revolusi tersebut.

3. Gua Jepang

Sebuah gua peninggalan penjajah Jepang yang berada di Lembang, Bandung, Jawa Barat ini juga terkenal menyeramkan. Terdapat gundukan tanah di dalam gua ini yang dipercaya sebagai tempat tidur para Tentara Dai Nippon. Konon gua ini dikerjakan oleh pekerja paksa atau dikenal dengan istilah romusha. Banyaknya pekerja paksa yang tewas pada masa itu membuat gua ini terasa menyeramkan, dimana menurut cerita yang beredar sering terdengar suara rintihan.

4. Gua Kontilola


Gua Kontilola berada di kawasan Lembah Baliem, Wamena, Papua. Gua ini menyimpan kisah misterius karena terdapat lukisan aneh di ketinggian dekat langit-langit gua. Gua ini merupakan gua horizontal yang berada di ketinggian ratusan meter di atas tebing. Lukisannya menggambarkan sosok manusia dengan bentuk yang aneh. Dua sosok dalam lukisan itu seperti sepasang pria dan wanita, dengan bentuk kepala bulat mirip sosok alien dengan telinga kecil, dan jari tangannya empat.

5. Pantai Selatan Jawa


Kawasan Pantai Selatan Jawa secara turun temurun menjadi kisah misteri dari Ratu Pantai Selatan (Nyi Roro Kidul), sosok ghaib penghuni dan penjaga Pantai Selatan. Kawasan yang dikuasai oleh Ratu Kidul ini membujur mulai pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Jawa Barat, hingga pantai Parangtritis, Yogyakarta.

Ada sebuah mitos yang berkembang, yaitu larangan mengenakan pakaian berwarna hijau bila ingin berwisata ke Pantai Selatan. Konon, warna hijau adalah warga kesukaan Nyi Roro Kidul. Bila ada yang melanggar, maka orang itu akan hilang di laut lantaran dibawa Nyi Roro Kidul.


Keberadaan Nyi Roro Kidul di Pantai Selatan sepertinya diyakini oleh banyak orang, termasuk Presiden Soekarno hingga pelukis Basoeki Abdullah. Bahkan, keyakinan akan adanya sosok Nyi Roro Kidul kemudian ada pihak yang menyediakan ruangan khusus untuk bertemu sang Ratu. Ruangan itu berada di kamar nomor 308 Samudra Beach Hotel, Pelabuhan Ratu.

Satu tempat lainnya yang dianggap paling angker adalah pantai Parangkusumo, yang menjadi tempat labuhan Keraton Yogyakarta, sekaligus sebagai pintu gerbang gaib Keraton Laut Selatan. Selain Parangkusumo, ada juga pantai Parangtritis dan Gua Langse yang menjadi lokasi-lokasi mistis di sana.

6. Gunung Halimun

Gunung yang memiliki ketinggian 1.925 mdpl ini berada diantara Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Lebak. Kawasan ini dikelilingi Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Konon, di lokasi ini merupakan pusat kerajaan ghaib atau tak terlihat dari Prabu Siliwangi.

7. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan adalah keraton termegah dan terawat di Cirebon, dibanding Keraton Kanoman dan Keraton Pakungwati.

Keraton Kasepuhan didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada masa perkembangan islam atau sekitar tahun 1529. Pada awal dibangunnya Keraton Kasepuhan merupakan perluasan dari Keraton Pakungwati yang merupakan keraton tertua di Cirebon.


Banyak orang meyakini bahwa Keraton Kasepuhan menyimpan banyak peninggalan yang memiliki kekuatan mistis, seperti kereta kencana, lukisan, dan sebagainya. Konon, di ruang penyimpanan kereta kencana dan lukisan-lukisan sering terdengar suara kereta kencana berjalan pada malam hari, meskipun orang-orang menyaksikan tidak ada benda yang bergerak.

8. Gunung Merapi

Gunung yang berada diantara Jawa Tengah dan Yogyakarta ini juga menyimpan kisah misteri. Kawasan Gunung Merapi dikisahkan terdapat sebuah kerajaan dan pasar mistis, yang dihormati oleh masyarakat setempat. Area ini kerap digunakan sebagai lokasi berkemah para pendaki gunung yang ingin memburu sunrise.

Konon bila saat malam tiba, area ini sering terdengar suara ramai layaknya di pasar, dan sayup-sayup terdengar suara gamelan.


Berita Terkait

  1. Ini 5 Kuburan Aneh di Indonesia

    Setidaknya ada 5 kuburan atau pemakaman di Indonesia yang berbeda dengan pemakaman pada umumnya. More

  2. Pasar di Manado Menjual Daging Segala Macam Hewan

    Masyarakat Minahasa-Manado sudah terkenal dengan kegemarannya menyantap kuliner dari beragam jenis daging hewan, baik itu hewan liar ataupun hewan peliharaan. More

  3. 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Pemerintah Jokowi-JK

    Pemerintah memprioritaskan 10 destinasi wisata yang disebut sebagai 10 Bali Baru. Istilah Bali Baru hanyalah kiasan dan dimaksudkan untuk memberi tekanan agar 10 destinasi wisata itu memiliki peforma yang sama dengan Bali dalam menggaet turis. More

  4. Sapta Tirta, Benteng Perlawanan Pangeran Sambernyowo Melawan Belanda

    Obyek wisata Sapta Tirta mempunyai kaitan erat dengan sejarah perjuangan Pangeran Raden Mas Said melawan kompeni Belanda, VOC, tahun 1741 sampai 1757. More

  5. Sapta Tirta, Pemandian yang Memiliki 7 Mata Air Berbeda

    Sapta Tirta merupakan satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi karena lokasi pemandian ini memiliki keunikan, yaitu terdapat 7 sumber air yang berbeda di dalam satu area. Nama Sapta Tirta diambil dari bahasa Sansekerta, yang artinya 7 mata air yang berbeda. More

Choice