Jangkau Warga Kepulauan, Ini Dia 3 Klinik dan Rumah Sakit Apung di Indonesia

| Editor : Risnawati Avin

Foto: Ist
iyaacom | Jakarta: Presiden Joko Widodo hari ini meresmikan Klinik Apung Said Tuhuleley di Ambon, Maluku. Klinik berbentuk yacht atau kapal pesiar itu merupakan gagasan Muhammdiyah yang ingin memaksimalkan layanan kesehatan di kawasan Indonesia timur.

Peresmian Kapal klinik apung oleh Presiden berbarengan dengan pembukaan Tanwir Akbar organisasi keagamaan itu.

Konsep rumah sakit apung di Indonesia sebenarnya sudah ada, namun milik tentara dan hanya digunakan ketika perang. Pada 2016 lalu, Polri juga memiliki klinik apung semacam ini.

Beberapa tahun sebelumnya bahkan sudah ada rumah sakit apung yang digagas oleh seorang dokter yang sangat mencintai kemanusiaan. Berikut ini iyaacom himpun dari berbagai sumber informasi selengkapnya, Jumat (24/2):

1. Klinik Apung Said Tuhuleley

Klinik apung yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi ini akan memulai kegiatan perdananya di kepulauan Saparua, Maluku dalam kegiatan bakti sosial dan pelayanan kesehatan, Sabtu (25/2) besok.

Nama klinik tersebut diambil dari nama seorang tokoh Muhammadiyah yang berjasa dalam pemberdayaan masyarakat dan mengabdikan seluruh hidupnya untuk masyarakat.

Kapal klinik berkapasitas 16 GT dengan berdiameter 15,5 meter x 3,5 meter x 5 meter, dengan bahan dasar berupa fiberglass seberat 8 ton.

Proses pembuatan kapal ini hanya membutuhkan waktu empat bulan oleh Yang Ming Marine. Singkatnya waktu pembuatan kapal menjadi yang tercepat dalam sejarah pembuatan kapal di Indonesia.

Sedangkan biayanya mencapai angka Rp2 miliar, separuhnya sendiri merupakan sumbangan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. "Wakil Presiden, Jusuf Kalla, sudah memberi bantuan untuk kapal ini sebanyak 1 miliar rupiah, jadi Lazismu bisa menabung untuk beli kapal lagi," kata Ketua PP Muhammadiyah, Hajriyanto Thohari.

Muhammadiyah berencana mencanangkan program kapalisasi dengan memesan 13 kapal tambahan, untuk bergerak di bidang kesehatan dan pendidikan dengan fokus prioritas di Indonesia timur.

2. Klinik Apung Polri

Klinik kesehatan berkonsep apung ini merupakan milik Kepolisan RI. Rumah Sakit Bhayangkara, melalui Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, membangun satu unit klinik apung yang berdiri di tepi Sungai Martapura, yang membelah Kota Banjarmasin, Kalsel.

Kehadiran klinik ini diklaim sebagai konsep klinik kesehatan pertama yang ada di Indonesia.

“Ini terobosan baru, bisa dipakai sebagai percontohan. Saya akan jadikan program kebijakan di setiap polda,” kata Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Mabes Polri Komjen Putut Eko Bayuseno pada 10 Februari 2016 lalu.

Klinik apung tersebut dinilai cocok berdiri di Kota Banjarmasin yang dikelilingi aliran sungai yang membelah kota. Klinik dilengkapi dengan 3 kamar rawat inap, ambulans air, tenaga perawat, dan dua dokter. Kepolisian daerah lainnya diharapkan juga membangun klinik serupa, asalkan memiliki spesifikasi daerah aliran sungai (DAS). 

3. Rumah Sakit Apung Dr. Lie Dharmawan

Nama dokter Lie Dharmawan menjadi buah bibir sekitar tahun 2013 saat dirinya memperkenalkan rumah sakit apung gagasannya.

Melalui yayasan doctorSHARE yang ia dirikan, dr Lie berupaya menggalang bantuan dan dana, baik moril dan materiil untuk mewujudkan ide tersebut.

"Kapal ini memang secara fisik kecil, ini adalah floating hosiptal yang terkecil di dunia. Tapi sebagai lawannya, sebagai kebailkannya, semangat yang menggebu-gebu, semangat yang membara tidak pernah putus asa selama empat tahun merancang kapal ini dan bekerja untuk keberhasilan kapal ini," ungkap dr Lie saat itu.

Pembangunan rumah sakit apung ini menghabiskan dana Rp3 miliar, padahal perkiraan awalnya mencapai Rp6 miliar. Dana tersebut diakui dokter Lie, sepenuhnya berasal dari sponsor yang membantu.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Tren Bayi Tabung di Indonesia Meningkat, Berikut 5 Fakta dan Perbandingan Biayanya

    Meski disebut relatif terjangkau, namun biaya program bayi tabung di Indonesia masih lebih mahal dibandingkan negara Asia lainnya. More

  2. Atasi Banjir dan Bersihkan Jakarta, Video Pasukan Oranye Menyelam di Air Kotor Bikin Terenyuh

    Dalam video, seorang petugas kebersihan tampak menyelam ke dalam gorong-gorong untuk mengambil sampah yang bercampur lumpur tanpa peralatan apapun. More

  3. Musim Hujan, Hati-hati dengan 7 Penyakit 'Langganan' Ini

    Genangan air yang terjadi pasca banjir dapat menimbulkan sejumlah penyakit langganan di musim penghujan, salah satunya leptospirosis. More

  4. Bintik di Wajah Jadi Tren Tato Freckles, Ini 5 Faktanya!

    Tren tato untuk kecantikan memang bukan hal baru, sebelumnya ada tato untuk alis dan bibir. Ini dia fakta tentang tato bintik yang menjadi tren dunia. More

  5. 10 Obat Herbal yang Dipercaya Ampuh Sembuhkan Demam Berdarah

    Selain secara medis, mengobati penyakit demam berdarah bisa juga dengan cara herbal. Seperti beberapa bahan alami berikut ini: More

Choice