Meski Cepat Surut Banjir Jakarta Masih Menelan Korban Jiwa, Ini Daftar Korbannya

| Editor : Risnawati Avin

Foto: Twitter
iyaa.com | Jakarta: Penanganan korban banjir Jakarta sejauh ini dinilai cukup baik. Pasalnya, Pemprov DKI tak bekerja sendirian, melainkan dibantu organisasi/lembaga terkait seperti BPBD, polisi/tentara, termasuk peran aktif masyarakat baik perorangan maupun LSM.

Kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei dalam keterangannya mengatakan masyarakat terdampak banjir telah ditangani dengan baik.

Dia bahkan mengaku kagum saat mendatangi pengungsian korban banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, yang menyediakan kebutuhan air minum, pelayanan kesehatan, dan program trauma healing dengan baik.

"Respon masyarakat, mulai perorangan, LSM, dan beragam instansi terkait sangat cepat," katanya, Rabu (22/2).

Meski demikian, banjir di Ibu Kota masih menelan korban jiwa. Dari empat orang korban, tiga diantaranya meninggal dunia.

Berikut ini informasi yang iyaacom himpun mengenai korban banjir Jakarta yang terjadi dalam beberapa hari ini:

1. Korban tenggelam di Kali Persaki Kalideres adalah Ikmal (15) warga Semanan, kalideres, Jakarta Barat. Saksi mata warga sekitar menyebut Ikmal saat itu tengah duduk-duduk menonton banjir di beton pinggir kali di RT 05/01 Semanan, Kalideres, bersama tiga temannya. Korban tiba-tiba terjatuh dan terseret arus kali yang meluap di Semanan, Jakarta Barat.

2. Anggota PPSU Kelapa Gading Jakarta Utara tenggelam di kali saat menjalankan tugas. Korban yang merupakan anggota pasukan oranye tersebut bernama Dennis T Nenometa. Dia hanyut terbawa arus di Jembatan Betik.

Peristiwa terjadi Selasa (21/2) sekitar pukul 05:30 WIB pagi. Korban saat itu sedang mengambil gambar untuk laporan kondisi banjir. Usai mengambil gambar, Dennis menyeberangi Jembatan Betik yang terendam banjir. Namun, tiba-tiba arus air yang kencang membuat korban terseret bersama sepeda motornya. Dennis meninggalkan seorang anak yang masih kecil dan isteri yang tengah hamil.

3. Warga Mampang, Jakarta Selatan, bernama Novi Eka Mely Yana (31) meninggal dunia saat banjir. Ibu rumah tangga ini diduga tewas akibat tersengat listrik saat air banjir menggenangi rumahnya di Jalan Kemang Selatan X, RT 03 RW 02, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan.

Jenazah Novi ditemukan Selasa (21/2) pagi saat kondisi sedang hujan hingga membuat aliran Kali Krukut yang berada tak jauh dari rumah korban meluap.

4. Seorang warga Kemang, Bekasi, Kartika Dewi (23) berencana menuntut PT Jasa Marga karena mobilnya tenggelam di kolong tol Cikunir, Bekasi. Selain PT Jasa Marga, dia juga akan menuntut PT Tol Lingkar Luar Jakarta, Kementerian BUMN dan Badan Pengatur Jalan Tol ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Peristiwa bermula saat korban mengendarai mobilnya dari Bandara Halim Perdanakusumah menuju Jati Asih, pada Selasa (21/2). Saat korban ke luar tol tidak ada pemberitahuan dari petugas bahwa kondisi kolong jembatan dalam keadaan terendam.

AKibatnya, mobil yang dikendarai korban masuk ke kolong jembatan dan langsung terjebak banjir setinggi 1 meter dalam keadaan gelap gulita. Beruntung korban berhasil menyelamatkan diri dengan keluar dari kaca jendela saat air sudah memenuhi dashboard.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Atasi Banjir dan Bersihkan Jakarta, Video Pasukan Oranye Menyelam di Air Kotor Bikin Terenyuh

    Dalam video, seorang petugas kebersihan tampak menyelam ke dalam gorong-gorong untuk mengambil sampah yang bercampur lumpur tanpa peralatan apapun. More

  2. Musim Hujan, Hati-hati dengan 7 Penyakit 'Langganan' Ini

    Genangan air yang terjadi pasca banjir dapat menimbulkan sejumlah penyakit langganan di musim penghujan, salah satunya leptospirosis. More

  3. Banjir Jakarta Disertai dengan Tagar #JakartaCumaTergenang, Cek Penampakannya Disini

    Banjir Jakarta kali ini berbarengan dengan kondisi Pilkada DKI maka tak heran jika postingan netizen bernuansa politis dan tak sedikit yang tendensius. More

  4. Kedinginan? Hangatkan Tubuh dengan Makanan dan Minuman Ini

    Makanan dan minuman hangat ini cocok untuk Anda konsumsi saat beraktivitas di musim hujan karena dapat menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. More

  5. Musim Hujan Sering Lapar? Ini 10 Tips Sehat Cara Makan Anti Gemuk

    Anda harus mengontrol porsi makan Anda, tapi bagaimana jika perut sering terasa lapar apalagi di tengah musim hujan seperti ini? More

Choice