Raja Arab Kunjungi Indonesia Setelah 47 Tahun Plus Bawa Tangga Pesawat Sendiri, Wow!

| Editor : Risnawati Avin

Presiden Joko Widodo dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud | Foto: Ist

iyaa.com | Jakarta: Rencana kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud pada awal Maret 2017 menjadi kebanggan tersendiri bagi Indonesia. Kunjungan itu juga dinilai bersejarah setelah 47 tahun berlalu. Pasalnya, kunjungan terakhir Raja Arab Saudi ke Indonesia berlangsung pada tahun 1970 silam.

Artinya, sejauh ini baru dua orang presiden Indonesia yakni Joko Widodo dan Soeharto yang mendapat kehormatan tersebut. Dalam kunjungan yang akan berlangsung selama 9 hari, Raja Salman Arab akan membawa rombongan besar dengan menumpang 6 pesawat Boeing dan 1 pesawat Hercules. Rombongan tersebut mencapai 1500 orang, diantaranya 25 Pangeran dan 10 menteri termasuk membawa tangga khusus pesawat kerajaan.

Tangga motorized yang akan digunakan oleh Raja Salman untuk mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Ngurah Rai, Bali.

Raja Salman akan berada di Indonesia pada 1-9 Maret 2017 dengan kegiatan kenegaraan dilaksanakan pada 1-3 Maret dan sisanya hingga 9 Maret sang raja dan rombongan akan berlibur ke Bali. Kunjungan Raja Salman ini merupakan kunjungan balasan setelah Presiden Jokowi mengunjunginya pada September 2015 lalu.

Berikut ini sejumlah negara yang pernah mendapat kunjungan dari Raja Arab Saudi, yang iyaacom himpun dari berbagai sumber, Kamis (23/2):

- Amerika Serikat mendapat kunjungan resmi dari Raja Arab Saudi sejak Februari 1957 oleh Raja Saud. Kunjungan sang raja kembali berlangsung pada Februari 1962 berupa kunjunagn informal saat Raja Saud menjalani perawatan medis.

Kunjungan resmi Raja Arab Saudi ke AS selanjutnya terjadi pada Juni 1966 oleh Raja Faisal. Pada May 1971, Raja Faisal kembali datang ke negara adi kuasa itu.

Raja Arab selanjutnya, Raja Khalid mengunjungi AS pada Oktober 1978. Kemudian kunjungan dari Raja Fahd pada Februari 1985. Kunjungan raja Arab selanjutnya baru terjadi lagi setelah 23 tahun kemudian yakni November 2008, saat Raja Abdullah menghadiri Economic Summit Meeting G-20. Raja Abdullah kembali menyambangi AS pada Juni 2010.

Terakhir, Raja Salman melakukan kunjungan kerja resmi dengan bertemu Presiden Barrack Obama pada September 2015.


- Inggris mendapat kunjungan resmi dari Raja Arab Saudi pada May 1967 oleh Raja Faisal. Kunjungan berikutnya berlangsung 14 tahun kemudian yakni pada Juni 1981 oleh Raja Khalid. Hanya berselisih enam tahun kemudian, Raja Arab yang baru, Raja Fahd berkunjung pada Maret 1987.

Setelah 20 tahun kemudian yakni pada 30 Oktober- 1 November 2007 Raja Abdullah berkunjung ke negeri Ratu Elizabeth itu. Pada kunjungannya ini, Raja Abdullah datang dengan 5 pesawat jet jumbo, 100 pembantu, dan Menteri/staf lainnya.

Raja Abdullah dan Pangeran Philip meninjau Guard of Honour di London, 30 Oktober 2007

- Prancis mendapat kunjungan dari Raja Salman pada Juli 2015. Kunjungan tersebut menjadi headline suratkabar setempat saat sang raja berlibur mewah di sebuah resort di Pantai Prancis Selatan. Kunjungan tersebut diprotes karena sepanjang pantai Côte d'Azur di Vallauris ditutup demi memberi kenyamanan sang raja.

La Mirandole, pantai yang letaknya berdekatan dengan villa milik raja Arab Saudi di Vallauris, Prancis

- Turki pada April 2016 mendapat kunjungan dari Raja Salman. Kunjungan tersebut kemudian dibalas dengan kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Februari 2017 sambil membahas masalah ekonomi dan krisis Suriah.


Writer: none

Berita Terkait

  1. Jokowi Jadi Orang Keempat Indonesia yang 'Menghuni' Madame Tussauds

    Tiga sosok asal Indonesia sudah lebih dulu ada di museum Madame Tussauds sebelum Jokowi, siapa mereka? More

  2. Atasi Banjir dan Bersihkan Jakarta, Video Pasukan Oranye Menyelam di Air Kotor Bikin Terenyuh

    Dalam video, seorang petugas kebersihan tampak menyelam ke dalam gorong-gorong untuk mengambil sampah yang bercampur lumpur tanpa peralatan apapun. More

  3. Keren! Ini Alat Penerjemah Bahasa Jepang Pertama di Dunia

    Anda yang senang travelling ke luar negeri namun tak mengenal bahasa setempat kini tak perlu lagi khawatir. Pasalnya, untuk kali pertama di dunia ada alat penerjemah instan bagi traveller yang sangat praktis. More

  4. Jadi Negeri 1000 Festival, Indonesia Gelar Festival Unik dan Mengagumkan Sepanjang 2017

    Festival pertama ditahun ini dimulai dari Singkawang. Berikut ini daftar event pariwisata pilihan yang berlangsung mulai Februari hingga Desember 2017. More

Choice