Tren Bayi Tabung di Indonesia Meningkat, Berikut 5 Fakta dan Perbandingan Biayanya

| Editor : Risnawati Avin

Foto: Ist
iyaa.com | Jakarta: Tren bayi tabung di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dari yang semula mahal kini pembiayaan program rekayasa reproduksi itu relatif terjangkau.

Biaya yang dibutuhkan berkisar Rp40 juta hingga Rp 50 juta untuk satu kali siklus. Namun, untuk mencapai keberhasilan biasanya pasangan melakukan lebih dari satu siklus.

Siklus yang dimaksud adalah mulai dari merangsang keluarnya sel telur hingga transfer embrio ke dalam rahim. Meski disebut relatif terjangkau, namun biaya program bayi tabung di Indonesia masih lebih mahal dibandingkan negara Asia lainnya.

Berikut ini sejumlah fakta seputar program bayi tabung dan perbandingan biayanya yang dihimpun iyaacom dari berbagai sumber, Kamis (23/2):

1. Tingginya biaya program bayi tabung di dalam negeri terjadi karena seluruh pembiayaan ditanggung pribadi. Sebagian besar lembaga asuransi menolak meng-covernya dengan alasan persoalan infertilitas atau ketidaksuburan dianggap bukan penyakit.

2. Di Malaysia dan Vietnam, biaya program bayi tabung lebih murah karena pemerintahnya memberi subsidi untuk obat-obatan sedangkan di Indonesia bea masuk obat-obatan tinggi termasuk obat untuk hormon. Itulah yang membuat biaya bayi tabung menjadi mahal.

3. Program bayi tabung di Malaysia hanya berkisar Rp30 juta. Misalnya di Lam Wah Ee Hospital Penang, Malaysia, pada tahun 2015 sekitar RM10.060.

4. Beberapa klinik dan rumah sakit penyedia layanan bayi tabung di Indonesia, mematok harga seperti berikut ini:

- Klinik Morula IVF RS Bunda Menteng, Jakarta, menyelenggarakan program bayi tabung mulai dari Rp50 juta

- Klinik Yasmin RSCM Jakarta, menyelenggarakan program bayi tabung mulai dari Rp45 juta

- Klinik Melati RSIA Harapan Kita Jakarta, menyelenggarakan program bayi tabung mulai dari Rp66 juta

- Klinik Family Fertility Center (FFC) di RS Family Pluit Jakarta. Biaya bayi tabung mulai dari Rp20 juta 

- Klinik Daya Medika, Tomang, menyediakan program bayi tabung yang terjangkau, yaitu Rp30 juta 

- Klinik Aster RS Hasan Sadikin Bandung, memiliki program bayi tabung mulai dari Rp49juta

- RS Dr Soetomo Surabaya, juga memiliki program bayi tabung mulai dari Rp40juta

5. Bayi tabung pertama di dunia lahir di Manchester, Inggris pada 25 Juli 1978. Louise Joy Brown, merupakan bayi yang dikandung melalui proses pembuahan yang dikenal dengan nama In vitro Fertilization (IVF).

Writer: none

Berita Terkait

  1. Musim Hujan, Hati-hati dengan 7 Penyakit 'Langganan' Ini

    Genangan air yang terjadi pasca banjir dapat menimbulkan sejumlah penyakit langganan di musim penghujan, salah satunya leptospirosis. More

  2. Bintik di Wajah Jadi Tren Tato Freckles, Ini 5 Faktanya!

    Tren tato untuk kecantikan memang bukan hal baru, sebelumnya ada tato untuk alis dan bibir. Ini dia fakta tentang tato bintik yang menjadi tren dunia. More

  3. Kedinginan? Hangatkan Tubuh dengan Makanan dan Minuman Ini

    Makanan dan minuman hangat ini cocok untuk Anda konsumsi saat beraktivitas di musim hujan karena dapat menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. More

  4. Musim Hujan Sering Lapar? Ini 10 Tips Sehat Cara Makan Anti Gemuk

    Anda harus mengontrol porsi makan Anda, tapi bagaimana jika perut sering terasa lapar apalagi di tengah musim hujan seperti ini? More

  5. Konsumsi 7 Buah Ini Bisa Bikin Awet Muda

    Anda dapat mengonsumsi buah dan sayuran yang memiliki warna merah dan oranye karena akan membuat kulit menjadi lebih bercahaya dan kenyal. More

Choice