'Dahsyat' RCTI Dihentikan Sementara Oleh KPI, Kenapa?

| Editor : Putri Arya

Foto: Twitter @KPI_Pusat
iyaa.com | Jakarta: Program musik Dahsyat RCTI kembali dapat surat 'cinta' dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Bukan teguran atau peringatan, kali ini Dahsyat dapat surat Penghentian Sementara dari KPI.

Melalui laman resminya pada Rabu (29/3/2017), KPI memberikan sanksi administratif penghentian sementara selama 3 hari untuk program Dahsyat di RCTI. Penghentian sementara ini dilaksanakan pada tanggal 13, 14 dan 19 April 2017.

Dahsyat kembali melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI pada tanggal 28 Februari 2017 pukul 09.11 WIB dan 1 Maret 2017 pukul 08.49 WIB.

Berdasarkan surat edaran KPI pada 24 Maret 2017 dengan no. surat 152/K/KPI/31.2/03/2017, program siaran Dahsyat memuat perkataan yang merendahkan seperti “p’a”, “pangeran sawan”, “ular kadut”, dan “jenglot”.

Selain itu, terdapat adegan seorang pria yang mengendarai mobil dengan maju, mundur, dan rem mendadak dengan kondisi terdapat pria lain di dalam bagasi yang tertutup pada mobil tersebut.

Komisioner sekaligus Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat, Hardly Stefano mengatakan, muatan perkataan dan perilaku tersebut seharusnya tidak ditayangkan karena dapat memberi pengaruh buruk pada khalayak yang menonton.

“Selama menjalankan sanksi tersebut, RCTI tidak diperkenankan menyiarkan program dengan format sejenis pada waktu siar yang sama atau waktu yang lain, sesuai dengan Pasal 80 ayat (2) SPS KPI Tahun 2012,” tambahnya.

Dalam catatan KPI, terhitung sudah 4 kali Dahsyat melanggar nilai norma kesopanan dalam tayangannya di televisi. Mulai dari perilaku tidak sopan, makian, hingga pelecehan Lambang Negara.



Berita Terkait

  1. Ini Harapan KPI Setelah 'Dahsyat' RCTI Dihentikan

    KPI tak menutup kemungkinan Dahsyat RCTI akan dihentikan selamanya jika... More

  2. 'Dahsyat' Dihentikan Sementara KPI, Netizen: Kenapa Gak Selamanya?

    Candaannya berlebihan, KPI hentikan Dahsyat RCTI selama 3 hari. Netizen berharap selamanya dihentikan. More

  3. Sukses Bikin Baper, Ada yang Kurang dari Mini Drama 'Roman Picisan'?

    Tampil memukau di HUT Dahsyat 9enerasi Dahsyat, netizen sebut kekurangan dari mini drama Roman Picisan. More

  4. Arbani Yasiz - Adinda Azani Bicara Soal Mini Drama 'Roman Picisan' di HUT Dahsyat

    Tampilkan mini drama Roman Picisan di HUT Dahsyat, Arbani Yasiz merasa tertantang. More

  5. Meriahkan 9enerasi Dahsyat, 'Roman Picisan' Siapkan Mini Drama dan Band

    Pemain Roman Picisan siapkan penampilan spesial dalam HUT ke-9 Dahsyat bertajuk 9enerasi Dahsyat. More

Choice