Kenali Gejala Autis Sejak Dini dan Cara Mencegahnya

| Editor : Muhammad Iqbal

foto: istimewa
iyaa.com I Jakarta: Kata para ilmuan Autisme sebenarnya dapat dideteksi jauh sebelumnya dengan melakukan scan pada otak. Anak-anak cenderung didiagnosis ketika memasuki usia dua tahun atau lebih. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Nature seperti dilansir Bbc.com gejala autisme dapat ditinjau pada tahun pertama kehidupan.

Temuan tersebut mendorong untuk melakukan tes awal dan bahkan terapi yang bekerja saat otak lebih lunak. Satu dari 100 orang memiliki bakat autisme yang mempengaruhi prilaku dan interaksi, terutama sosial.

Apa itu autisme? Berdasarkan penelitian 148 anak termasuk mereka yang beresiko tinggi Autisme karena memiliki saudara yang lebih tua dengan gangguan tersebut.

Studi menemukan perbedaan awal di bagian otak yang bertanggung jawab pada fungsi fungsi tingkat tinggi seperti bahasa pada anak-anak yang didiagnosis mengidap autisme.

Dr Heather Hazlett salah seorang peneliti di Universitas North Carolina mengatakan gejala autis dapat dilihat pada tahun pertama kehidupan melalui permukaan yang berbeda pada daerah otak. Penelitian ini membuka kemungkinan untuk melakukan perubahan besar mencegah seorang anak menderita auitsme. Denan cara scan otak terutama pada keluarga yang beresiko tinggi.

Dalam jangka panjang hal ini dilakukan dengan cara yang mirip dengan tes DNA pada bayi. Sangat berguna untuk mengidentifikasi anak-anak yang beresiko tinggi.

Jika dapat didiagnosis lebih awal maka perlu adanya terapi prilaku. Contohnya seperti melatih orang tua berinteraksi dengan anak anak autis agar anak anak dapat lebih efektif dalam menjalani kehidupan.




Berita Terkait

  1. Reuni Berujung Petaka! 20 Orang Makan di Restoran Ini, Tagihannya Capai Rp 2,4 Miliar

    Restoran itu memang dikenal sebagai restoran selebriti chef. Menu menu andalannya adalahan masakan China asli. More

  2. Tak Disangka! Pria Ini Tega Tukar Kekasihnya Dengan Uang dan Mobil, Simak Videonya

    Seorang pria tega menukar kekasihnya dengan mobil mewah dan uang tunai senilai 66 juta rupiah. More

  3. Ternyata Begini Cara Membuat Efek Suara Film Panas, Masih Mau Nonton?

    Sebenarnya membuat film panas hampir sama dengan membuat film biasa. Adegan-adegan di atas ranjang juga telah melalui beberapa tahap proses editing. Karena pada kenyataannya tak ada pria maupun wanita yang mampu bercinta selama berjam-jam. More

  4. Orang Bekasi, Dipinang Dengan Mas Kawin Rp 100 ribu, Berani?

    Kisahnya viral di dunia maya. Dan seolah memenampar setiap pasangan yang menunda pernikahan hanya karna alasan biaya. Berikut kisah selengkapnya. More

  5. Bukan Artis! Kisah Cinta Pasangan Ini Berakhir di Surga, Sangat Menyentuh Hati

    Namanya menjadi viral di media sosial lantaran kisah cintanya yang berakhir memilukan. More

Choice