Orang Bekasi, Dipinang Dengan Mas Kawin Rp 100 ribu, Berani?

| Editor : Muhammad Iqbal

Font Size:

iyaa.com I Jakarta: Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial. Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial.

Namun kadang-kadang tuntutan mahar yang tak sedikit membuat calon pengantin menunda pernikahan tersebut.

Nita Junita, wanita asal Bekasi menepis semua anggapan bahwa penikahan membutuhkan biaya mahal. Melalui akun Facebooknya ia menceritakan bagaimana dipinang oleh pria yang dicintainya hanya dengan mas kawin sebanyak 100 ribu rupiah. Angka yang tak seberapa di zaman serba mahal seperti ini.

Kisahnya viral di dunia maya. Dan seolah memenampar setiap pasangan yang menunda pernikahan hanya karna alasan biaya. Berikut kisah selengkapnya.

"Mas kawin 100 ribu rupiah Tuuuunaaaii...

delapan tahun lalu, saya menikah dengan pria berumur 23 tahun yg 6 bulan lebih muda dr saya. Pria itu jauh dari kata mapan, mas kawin pun hanya 100 ribu rupiah. Bukan karena dia ga mampu untuk kasih lebih dari itu, tapi emang saya yg minta.



foto: facebook

Saat booming mas kawin dengan angka cantik, nikah 1 Februari 2009 mas kawin 1.022.009 itu lagi jadi tren di indonesia saat itu. Saya cuma mikir, kasian alm. bapak kalau harus ngucapin nominal mas kawin yg ribet itu pada saat ijab kabul. Dan saya jg ga mau memberatkan calon suami untuk menuhi permintaan yg macem-macem.

Bukan kah rukun nikah itu hanya ada lima:

1. Pengantin lelaki (Suami)
2. Pengantin perempuan (Isteri)
3. Wali
4. Dua orang saksi lelaki
5. Ijab dan kabul (akad nikah)
Tidak perlu ditambah dengan embel-embel mas kawin sekian juta, perhiasan emas sekian gram, resepsi di gedung, atau sederet syarat-syarat lainnya. Setelah menikah pun saya tinggal di kontrakan dua petak, cukup besar buat saya tinggal berdua dengan suami.

Tidur pun hanya beralas kasur lipat tipis, karena belum punya spring bed. Ga jadi masalah karena cinta itu ga harus mewah. Lucu aja kalo ada yg bilang 'hari ginii jangan mau nikah karena cinta, perut lapar ga bisa jadi kenyang krn makan cinta'.

Beneran bikin saya ketawa, karena sampai saat ini kalo lg makan sepiring berdua sama suami, rasanya malah lebih kenyang daripada makan sendiri (ciyuuus, ga boong).

Kalau menurut saya sih nikah itu enaknya susah bareng-bareng, jadi pada saat nanti di kasih senang sm Allah pasti ga akan lupain deh saat berjuang dititik terbawah..

Hidup pas-pasan bukan berarti susah juga. Pas ga ada makanan, tetangga ketok pintu kasih makanan. Pas dompet lagi tipis, eh ternyata dapet arisan. Pas ga punya duit, eh nyetrika ada duit nyelip di kantong.

Ini semua bukan kebetulan, tapi emang udah diatur sama Allah. Hidup sederhana dan selalu bersyukur itu wajib buat kami, mewah itu gimana sudut pandang aja. Mewah buat saya, buat mereka mungkin biasa banget.

Temen-temen yang sudah menemukan tambatan hati, segeralah menikah. Buat yg laki-laki ga perlu nunggu mapan, cukup tunjukan kalo kamu lelaki gagah yg penuh tanggung jawab. Rejeki mah Allah yg ngatur.

Buat yg perempuan, jangan terlalu banyak syarat ini dan itu. Kalau calon kamu udah mapan ya Alhamdulillah. Kalau belum mapan, InsyaAllah menikah bisa jadi jalan buat hidup lebih baik,"
tulis Nita.


foto: facebook

Kisah Nita ini menyadarkan bahwa pernikahan tidaklah sulit asal kita dapat mengatasi gengsi dan tuntutan yang sering kali mempersulit untuk naik ke pelaminan.

Tags :



Berita Terkait

  1. Bukan Artis! Kisah Cinta Pasangan Ini Berakhir di Surga, Sangat Menyentuh Hati

    Namanya menjadi viral di media sosial lantaran kisah cintanya yang berakhir memilukan. More

  2. Foto Langka, 10 Jasad Selebritis Ketika Disemayamkan di Peti Mati

    Hanya saja kadang-kadang foto jasad yang seharusnya menjadi rahasia, bocor. Berikut 10 tokoh saat disemayamkan di peti mati seperti dilansir Ranker. More

  3. Heboh! Penampakan UFO Kejar Jet Berpenumpang, Simak Videonya

    Belum lama ini sebuah video kembali menjadi viral di dunia maya. Dalam video tersebut nampak sebuah benda melintasi langit yang dipercaya sebagai UFO sedang mengejar jet penumpang, seperti dilansir. More

  4. Daftar Makanan Korea Paling Aneh, Berani Nyicip?

    Beberapa tahun terakhir budaya asal negeri Gingseng tersebut deras menyerbu pasar Indonesia. Mulai dari K-Pop, K-Drama digilai oleh remaja di Tanah Air. Sebab itu, secara tidak langsung makanan khas K... More