Subhanallah! Ikan Ini Mampu Bertahan Hidup di Dalam Tanah Yang Kering

| Editor : Muhammad Iqbal

foto: instagram
iyaa.com I Jakarta: Beberapa waktu lalu ikan Lungfish berusia 90 tahun mati di Sheed Aquarium, Chicago, Amerika Serikat. Ikan yang dipercaya sebagai ikan tertua di dunia ini disuntik mati karena kondisi kesehatannya yang sudah menurun akibat usianya yang terlampau tua.

Ikan Lungfish merupakan keluarga salamanderfish. Ikah yang telah ada sejak ratusan tahun lalu itu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis ikan lainnya. Salah satunya bertahan hidup didalam tanah yang gersang.

Seperti baru baru ini, media sosial dihebohkan dengan rekaman sekelompok pemuda yang menggali tanah tandus dan gersang kemudian menemukan banyak ikan didalamnya. Video tersebut berhasil menjadi viral di dunia maya.

Menurut ilmuan, ikan lungfish mampu bertahan hidup didalam tanah tanpa asupan makanan selama tiga tahun lamanya. Biasanya Lungfish akan masuk ke dalam lumpur ketika memasuki musim kemarau.

Strategi bertahan hidup ikan ini patut diacungi jempol. Menjelang musim kering, mereka akan menggali lumpur dan masuk kedalamnya. Lungfish akan memproduksi lendir dari tubuhnya berbentuk seperti kepompong. Bertujuan untuk pelindung dirinya di dalam lumpur ketika musim kering tiba.




Berita Terkait

  1. Jelajahi Kehidupan Mesir Kuno Lewat Mumi-Mumi Ini

    Mumi menjadi benda menarik karena mahluk hidup yang diawetkan selama ratusan tahun itu menyimpan banyak jawaban dari kehidupan manusia di zaman sebelumnya. More

  2. Alasan Kenapa Anak Merpati Tidak Pernah Terlihat Terbang Bersama Induknya

    Meskipun burung ini telah biasa hidup diantara kita, mereka memiliki tempat persembunyian untuk membangun sarang yang aman sebagai tempat peristirahatan. More

  3. Kenali Gejala Autis Sejak Dini dan Cara Mencegahnya

    Studi menemukan perbedaan awal di bagian otak yang bertanggung jawab pada fungsi fungsi tingkat tinggi seperti bahasa pada anak-anak yang didiagnosis mengidap autisme. More

  4. Reuni Berujung Petaka! 20 Orang Makan di Restoran Ini, Tagihannya Capai Rp 2,4 Miliar

    Restoran itu memang dikenal sebagai restoran selebriti chef. Menu menu andalannya adalahan masakan China asli. More

  5. Tak Disangka! Pria Ini Tega Tukar Kekasihnya Dengan Uang dan Mobil, Simak Videonya

    Seorang pria tega menukar kekasihnya dengan mobil mewah dan uang tunai senilai 66 juta rupiah. More

Choice