Bikers, Lindungi Bagian Tubuh Ini Sebelum 3 Bulan Absen Berkendara

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: Ilustrasi proteksi kepala/Instagram/@bmwmotorrad
iyaa.com | Jakarta: Saat berkendara menjadi kebutuhan sebagai penunjang aktifitas keseharian atau kesenangan yang tak ingin ditinggalkan, maka keselamatan menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Beberapa bagian tubuh penunjang aktifitas berkendara harus senantiasa dijaga keselamatan dan fungsinya. Bagian tubuh ini, cenderung kurang dijaga dengan baik oleh kebanyakan pengendara.

Pertama, jempol tangan. Kelalaian banyak pengendara adalah meletakkan jempol tangannya (standby) pada tombol lampu sein atau klakson dengan alasan agar mudah saat ingin menggunakan tombol-tombol tersebut.
Foto: Ilustrasi/klxadventure.com
Padahal, posisi ini beresiko fatal hingga menyebabkan jempol tangan patah di pangkal sendi saat pengendara panik dan stang kemudi membanting arah. Jika sudah begini, tak cukup waktu 3 bulan untuk menyembuhkannya.

Termasuk poin posisi anggota tubuh yang salah adalah jari telunjuk dan jari tengah tangan kanan yang terbiasa di letakkkan (standby) di tuas rem depan.

Kedua, mata kaki. Bagian ini termasuk yang paling lama sembuh saat terluka, yakni minimal 3 bulan untuk penyembuhannya. Karena kulit di bagian ini terbilang tipis sehingga saat membentur atau menggesek benda keras seperti aspal, maka yang terluka bukan hanya kulit tapi juga permukaan tulang mata kaki.

Karenanya, direkomendasikan pada rider untuk menggunakan sepatu jenis boots saat berkendara. Karena jenis sepatu ini, sudah pasti menutupi mata kaki rider. Dan pilihlah model boots yang netral sehingga pantas dikenakan meski riders sudah turun dari tunggangan.
Foto: Official Brands

Writer: none

Berita Terkait

  1. BMW Motorrad dan LEGO, Produksi Motor Masa Depan Ini?

    Divisi roda dua BMW, BMW Motorrad, dikabarkan berkerjsama dengan perusahaan mainan, LEGO untuk membuat motor masa depan yang bisa terbang. More

  2. Gazebox, Model Anyar Garasi Rumah Masa Kini

    Sebuah konsep baru untuk garasi kendaraan Anda ... Carport, Garasi dan Gazebo ... semua menjadi satu. More

  3. Biker Wajib Tahu 7 Poin Postur Berkendara Ini

    Yakin sudah siap untuk mudik pakai sepeda motor? Pelajari dulu cara berkendara yang safety ini dengan bantuan visual dari Astra Honda Motor More

  4. Mengenal LED yang Populer Saat Ini

    Hampir semua pabrikan kendaraan bermotor saat ini sudah menggunakan LED sebagai lampu utamanya. Jadi tren saat ini, LED seolah menjadi teknologi baru, padahal teknologi Light Emitting Diode sudah ada sejak lama. More

  5. NASA Pamerkan Mars Rover Terbarunya

    National Aeronautics and Space Administration NASA memamerkan mobil penjelajah planet Mars terbarunya dalam event Summer of Mars Kickoff, Juni 2017. More

Choice