Jangan Gunakan Velg Racing saat Mudik

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: Ilustasi/Youtube/@Bloemclart HD
iyaa.com | Jakarta: Tinggal menghitung hari, Idul Fitri 1438 Hijriah akan segera tiba. Musim mudik, tampak telah dimulai dengan penampakan beberapa kendaraan arah udik di jalanan Ibu Kota, Jakarta.

Mobil, motor, semua terlihat penuh sesak dengan barang bawaan ektra dan sanak keluarga yang ikut serta dalam perjalanan mudik bersama, yang hari H-nya diperkirakan jatuh pada sekitar tanggal 25 Juni 2017, nanti.

Terpantau, tak sedikit dari pemudik dengan kendaraan pribadi, masih menggunakan velg racing menuju kampung halaman. Padahal penggunaan tipe velg ini dalam perjalanan mudik sangat tidak dianjurkan.

Alasannya sederhana, bahwa velg racing khususnya velg replika cenderung memiliki daya tahan yang lebih lemah ketimbang velg ori bawaan pabrik. Sementara itu, bobot kendaraan saat mudik cenderung lebih berat ketimbang bobot kendaraan pada penggunaaan harian. Sehingga, beban yang ditanggung velg menjadi berkali-kali lipat lebih besar pada saat mudik seperti ini.

Belum lagi mengenai medan jalanan yang dilalui saat mudik. Biasanya, trek yang dilalui saat mudik cukup unpredictable ketimbang kondisi jalanan yang dilalui sehari-hari. Meskipun, berbagai media telah aktif memberitakan perkembangan kesiapan jalur (lalu-lintas) mudik sejah jauh-jauh hari.

Pelayanan dari pemerintah (termasuk BUMN-nya) dan perusahaan-perusahaan swasta khususnya perusahaan otomotif terhadap para pemudik memang meningkat dari tahun ke tahun. Di sepanjang jalur mudik, ratusan bengkel dari berbagai pihak tersebut dikabarkan siaga untuk melayani para pemudik.

Tapi kenapa harus memilih bersusah payah di bengkel siaga yang mungkin juga antri-untuk membetulkan kerusakan pada kaki-kaki kendaraan kesayangan Anda? Sementara Anda bisa mencegahnya lebih dulu mengganti velg replika dengan velg original bawaan pabrik sebelum perjalanan mudik dimulai.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Sayangi Cat Helm dengan Cara Ini

    Dengan menjaga kondisi EPS Shell, maka warna helm akan tetap cerah seperti sedia kala. More

  2. Sarung Tangan 'Buntung' atau 'Panjang' Ya?

    Bagaimana memilih sarung tangan gloves yang sesuai dengan kebutuhan aktifitas Anda? Perhatikan juga bagian kecil yang menentukan pendek dan panjangnya usia pakai sarung tangan Anda More

  3. Tiga MPV Toyota, Terlaris Jelang Lebaran 2017

    Penjualan mobil jelang Lebaran dan musim mudik 2017 meningkat. Tiga teratasnya adalah model MPV dari Toyota. More

  4. Gazebox, Model Anyar Garasi Rumah Masa Kini

    Sebuah konsep baru untuk garasi kendaraan Anda ... Carport, Garasi dan Gazebo ... semua menjadi satu. More

  5. TRAC Syariah, Sewa Mobil Cara Islam

    SERA baru saja meluncurkan TRAC Syariah untuk mengakomodir kebutuhan konsumen akan penyewaan mobil berbasis syariat Islam. Ini adalah layanan penyewaan mobil berbasis syariah pertama yang legal di Indonesia. More

Choice