Mengenal LED yang Populer Saat Ini

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: Instagram/@yamahaindonesia
iyaa.com | Jakarta: Sebuah video pendek Yamaha All New R-15 yang mengedipkan-ngedipkan lampu LED pada head lamp-nya sukses menarik minat puluhan ribu orang untuk melihatnya.

Mungkin mereka tertarik pada sosok All New R-15 secara umum, tapi bisa juga lampu LED-nya lah yang menarik minat netizen ke video tersebut.

"Abis tarawih masih mau jalan-jalan sama All New R15 kesayangan? Nggak perlu takut, karena lampu depannya sudah menggunakan teknologi LED yang memancarkan cahaya lebih terang namun tetap hemat energi dong," tulis @yamahaindonesia di IG.

Produsen sepeda motor dewasa ini memang telah menggunakan lampu LED pada produk-produknya, tak terkecuali Yamaha. Jenis lampu ini memang disukai barang orang karena pancaran cahayanya yang cenderung lembut tapi tak kalah terang dari jenis lampu lainnya.


Awalnya, Light Emitting Diode (LED) hanya sebatas lampu modifikasi yang izin penggunaannya juga belum jelas kala itu. Tapi sekarang, teknologi yang sebenarnya sudah ada sejak lama pada radio, TV, komputer dan aneka perabot elektronik ini, telah menjadi pilihan massal model penerangan kendaraan bermotor.

Di pasaran, LED terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya; LED Konvensional, COB (Chip On Board), SMD, Luxeon, Superflux dan Cree.

Untuk penggunaan pada head lamp seperti milik ALL New R-15, biasanya digunakan 3 sampai 4 buah LED jenis COB dengan daya masing-masing 5 watt. Yang membuat LED lebih hemat energi adalah penggunaanya yang bergantian sesuai dengan fungsi lampu yang diinginkan pengendara.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Yamaha dan Penghargaan Citra Perusahaan 2017

    Timing peluncuran produk yang tepat, peningkatan kualitas produk dan intensitasnya di ranah sosial, menjadikan Yamaha Indonesia raih penghargaan Corporate Image Award 2017. More

  2. Adu Mesin, X-Ride 125 Vs Beat Street!

    All New BeAT Street eSP atau All New X-Ride 125? Lihat dulu komparasi mesinnya berikut ini, baru beli More

  3. Intip Jeroan Motor Yamaha yang Dipajang di PRJ

    Yamaha telah merilis varian terbarunya dan memulai penjualan unitnya di Pekan Raya Jakarta PRJ. Simak indentifikasi unit Yamaha di PRJ dan segera bawa pulang motor kesayangan Anda. More

  4. Diskon Yamaha di PRJ Lebih Besar dari Iklannya?

    Harga murah karena diskon maksimal di PRJ, memang bukan isapan jempol. Di stan YAMAHA, Helm Rp 500an bisa deal Rp 200an. More

  5. Aerox, Jadi Hadiah Utama Lomba Foto Yamaha - Nikon

    Gelar lomba foto untuk para pengguna instagram, Yamaha dan Nikon bungkus Aerox untuk juara pertama. More

Choice