Sarung Tangan 'Buntung' atau 'Panjang' Ya?

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: fc-moto.de

iyaa.com | Jakarta: Rider yang peduli keselamatan berkendara pasti memandang penting penggunaan sarung tangan saat menunggangi kuda besinya. Pemilihan model sarung tangan pun harus disesuaikan dengan ritme aktifitas rider masing-masing.

Jika perjalanan akan berlangsung lama seperti pada perjalanan turing atau mudik, rider bisa memilih sarung tangan model full finger gloves atau sarung tangan 'panjang'. Jari-jari yang terbungkus rapi hingga ke ujungnya akan mengurangi resiko masuknya hawa dingin melalui ujung kuku yang bisa menyebabkan masuk angin.
Foto: fc-moto.de
Tapi, jika perjalanan akan berlangsung pendek dan jari-jari tangan harus aktif di setiap pemberhentian seperti aktifitas kurir dan jasa pengantaran lainnya, rider bisa memilih sarung tangan model fingerless gloves atau sarung tangan 'buntung'. Tujuannya, agar jari masih bisa memaksimalkan indera perasanya saat digunakan untuk serah terima barang ataupun uang/ongkos.
Foto: fc-moto.de
Pembagian ini dengan asumsi bahwa mayoritas rider Indonesia masih memilih gloves dengan kualitas rendah. Karena pada kualitas premium, para produsen sarung tangan telah melengkapi bagiang ujung jari (gloves) dengan karet khusus yang membantu meningkatkan indera perasa jari-jari penggunanya.

Apapun model yang dipilih, peduli terhadap penggunaan sarung tangan saat berkendara merupakan hal wajib bagi setiap rider. Karena saat kecelakaan tak bisa dihindari, sarung tangan bisa meminimalisir luka pada permukaan kulit.

Dan saat memilih, jika rider ingin usia pakai sarung tangan tersebut cukup awet, maka hal paling sederhana yang harus diperhatikan adalah kualitas jahitan. Jahitan berkualitas baik, akan menopang apapun bahan sarung tangan yang digunakan. Sebaliknya, jahitan berkualitas buruk akan merusak sarung tangan yang berbahan bagus sekalipun.

Writer: none

Berita Terkait

  1. MDS Super Pro, Jadi Tandeman CRF250Rally

    Satu lagi helm pabrikan lokal yang unjuk gigi di pasar motor tanah air. Kali ini, Super Pro dari MDS yang digaet Honda CRF250Rally sebagai pasangannya. More

  2. Diskon Yamaha di PRJ Lebih Besar dari Iklannya?

    Harga murah karena diskon maksimal di PRJ, memang bukan isapan jempol. Di stan YAMAHA, Helm Rp 500an bisa deal Rp 200an. More

  3. KYT Kembali Luncurkan Varian Baru di PRJ?

    KYT, dikabarkan merilis varian terbarunya di Pekan Raya Jakarta 2017. Seperti apa wujudnya? More

  4. Modular Tank Bag dari GIVI ini Cocok untuk Turing

    Model EA103B dari GIVI ini menawarkan kapasitas besar untuk Anda, para penghobi turing. Soft bag yang satu ini, bisa menjadi alternatif saat Anda memilih tidak menggunakan Box. More

  5. 9 Part Penting untuk Modifikasi YAMAHA NMAX

    Para penunggang skutik bongsor Yamaha NMAX, wajib baca 10 part rekomendasi dari Yamaha Motor Indonesia ini. More

Choice