'Timing' Mencuci Mobil dari Toyota

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: Instagram/toyotaid
iyaa.com | Jakarta: Memiliki tunggangan pilihan pribadi tentu memuaskan, apalagi jika bisa merawatnya hingga selalu tampak baru, maka berkendara akan lebih membawa kebanggaan.

Cara merawat penampilan mobil yang paling sederhana dan biasa dilakukan banyak orang adalah mencucui mobil. Meski tidak banyak teknik khusus dalam mencuci mobil, tapi ternyata ada waktu khusus untuk mencuci mobil.

Official account Toyota menginformasikan bahwa mencuci mobil idealnya dilakukan hanya pada dua waktu. Yaitu, pagi sebelum pukul 08.00 WIB dan sore sesudah pukul 16.00 WIB.

Jam tersebut tentu hanya berlaku untuk orang yang tinggal di wilayah indonesia bagian barat dan untuk wilayah lain, tinggal menyesuaikan saja dengan kondisi meningginya matahari di pagi hari atau berpulangnya matahari di sore hari. Intinya, hindari matahari yang mulai meninggi, karena suhu panasnya menjadi pantangan bagi mobil yang sedang dicuci.

Suhu panas dari matahari, menjadi musuh bagi cat mobil terlebih saat mobil dalam keadaan dicuci. Pasalnya, panas dari matahari menyebabkan air pada bodi mobil lebih cepat mengering dan memicu tumbuhnya kerak atau jamur pada permukaan cat.


Hal lain yang bisa dijadikan pengingat tambahan adalah volume penggunaan air yang digunakan. Alih-alih ingin cepat dalam mencuci mobil, menyemprot air sekencang-kencangnya atau menyiram air sebanyak-banyak ke bodi mobil bukanlah langkah yang bijak. Karena selain boros air, cara tersebut juga beresiko terhadap kerusakan cat.

Ini dikarenakan psikologi si pencuci mengira bahwa permukaan bodi sudah bersih dari debu setelah disemprot air kencang atau banyak, kemudian dia bersemangat mengelap seluruh bodi mobil tanpa sadar bahwa permukaan bodi yang ia lap masih mengandung debu yang menempel-yang ketika tergesek lap akan menimbulkan baret atau membuat permukaan cat menjadi kasar.

Terakhir, hal sederhana dalam mencuci mobil yang perlu diperhatikan adalah pemilihan sampo atau cairan pembersih. Hindarilah penggunaan cairan pembersih berbahan kuat, seperti sabun colek, deterjen pakaian, pembersih lantai dan sejenisnya. Pastikan cairan pembersih yang anda pilih memiliki sifat zat yang ramah terhadap kulit telapak tangan Anda, karena dengan begitu hampir bisa dipastikan bahwa cairan tersebut pun akan cocok untuk cat bodi mobil kesayangan Anda.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Honda Civic Si 2017, Juara Berbagai Tikungan

    Mengiringi kelahiran Civic Type-R, Honda juga mengeluarkan Civic Si yang dijagokan dari kelas sedan sport lainnya di berbagai tikungan. More

  2. Meriahkan Lebaran dan PRJ, Mazda Promosikan 3 Mobil Ini

    PT EMI meramaikan ajang Pekan Raya Jakarta PRJ dan Hari Lebaran 2017 dengan mempromosikan unit All New Mazda2, Mazda Biante, Mazda CX-3. Simak kilas unitnya berikut ini More

  3. Jadi Berita Utama, Inilah XM Concept Mitsubishi Sebenarnya

    Mobil jenis SUV murah besutan Mitsubishi, XM Concept, viral menjadi berita baru-baru ini. Pasalnya, meski belum resmi diproduksi masal, banyak dealer dikabarkan sudah menerima booking fee dari para peminat. More

  4. Dilelang! Produksi Pertama MY17 Civic Type R

    Produksi perdana MY17 Civic Type R tengah dilelang di situs penjualan mobil online, Bringatrailer untuk disumbangkan ke Yayasan Tumor Otak Pediatrik More

  5. NASA Pamerkan Mars Rover Terbarunya

    National Aeronautics and Space Administration NASA memamerkan mobil penjelajah planet Mars terbarunya dalam event Summer of Mars Kickoff, Juni 2017. More

Choice