Cara Merawat Bearing Motor Honda

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: astra-honda.com
iyaa.com | Jakarta: Kerusakan bearing mungkin bukan kerusakan fatal bagi sebagian orang karena tidak secara langsung membuat motor jadi tidak sanggup jalan. Tapi, bearing yang rusak akan menyebabkan bunyi tak nyaman, garis struktur penampakan luar yang tak lagi simetris dan gangguan terhadap fungsi suku cadang lainnya.

Khusus untuk kamu pengguna sepeda motor pabrikan Honda, berikut ini adalah tips untuk merawat bearing motor honda kamu:

1. Periksa bearing pada kelipatan jarak tempuh 4.000/km. Pemeriksaan ini penting sebelum bearing benar-benar rusak dan dipaksakan bekerja pada kondisinya sudah tak layak.

2. Baik diganti atau tidak, pemasangan bearing kembali setelah pemeriksaan tadi, harus hati-hati dengan menghindari kontaminasi debu, kotoran dan air masuk ke dalam bearing.

Pada bearing orisinil Honda produksi terbaru, sudah terdapat Rubber Seal yang bertugas untuk melindungi kontaminasi kotoran dan air terhadap bearing, tapi bukan berarti sobat jadi bebas dan sembrono.

3. Segera ganti bearing apabila bearing pernah terendam air atau jika terdengar suara abnormal. Dan juga apabila bearing sudah pernah lepas dari dudukannya. Tak usah pelit untuk ganti suku cadang, toh suku cadang asli Honda juga tak mahal. (Baca lagi artikel iyaaotomotif berjudul "Gas Matik Itu Diurut Bukan Dibetot, Kenapa?").

4. Gunakan gemuk yang sesuai serta hindari pemberian gemuk secara berlebihan, karena akan membuat debu/serbuk logam melekat pada bearing. Kalau sudah begini, bukannya menjaga permukaan baja bearing malah merusak permukaan tersebut.

Benar memang, bahwa bearing orisinil Honda produksi terbaru sudah menggunakan bahan baja pilihan melalui proses Heat Treatment & Carbonitriding sehingga lebih kuat dan awet dibanding bearing-bearing kw di luaran. Tapi, proporsional dalam penggunaan gemuk juga bukan tidak penting.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Gas Matik Itu Diurut Bukan Dibetot, Kenapa?

    Pernah dengar dong kalau narik gas motor matik itu harus diurut dan jangan dibetot? Tahu kenapa? More

  2. 8 Tips Mobil Anti Maling

    Lakukan hal-hal berikut ini untuk mengamankan kendaraan kamu dari aksi jahat para pencuri. More

  3. Cek Bagian Ini saat Motor Metik Mulai Mogok

    Tak usah panik saat motor matic tiba-tiba mogok. Periksa dua bagian ini dan tanggani sendiri tunggangan Anda More

  4. Cukup Penyedot WC dan Pemanas untuk Perbaiki Body yang 'Penyok'

    Gunakan trik sederhana, mudah dan murah ini untuk mengobati mobil Anda yang penyok. More

  5. Lakukan Ini agar Mobil Tetap Sejuk Sepanjang Perjalanan Mudik

    Pastikan Anda melakukan hal ini untuk menjamin mudik bersama keluarga bebas gerah sepanjang perjalanan. More

Choice