Gas Matik Itu Diurut Bukan Dibetot, Kenapa?

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: Ilustrasi Bearing/astra-honda
iyaa.com | Jakarta: Masih ada beberapa riders yang punya gaya berkendara yang salah. Beberapa dari mereka, sering menarik gas motor matik secara spontan alias dibetot. Padahal, gaya berkendara ini punya dampak buruk untuk kesehatan motor.

Bagian yang pasti menjadi korban durjananya gaya riders semacam ini adalah bearing roda yang terletak menempel di bak CVT (Continous Variable Transmission). Bearing ini akan oblak karena hentakan-hentakan akibat gas spontan tadi membuat bushing kuningan di dalam bearing terlalu cepat aus.

Kalau sudah rusak, CVT motor matik akan mengeluarkan bunyi kasar. Banyak riders terkecoh oleh bunyi ini, apalagi kalau bertemunya dengan mekanik yang kurang 'amanah' atau kurang ilmu. Alih-alih menghilangkan bunyi yang mengganggu di CVT, riders bisa diminta ganti minimal roller dan belt sementara bearing yang aus tadi hanya diberi gemuk saja.

Alhasil, biaya yang keluar jadi lebih besar dan penanganan tak tepat. Padahal, jika hanya mengganti bearing maka suku cadang+biaya jasa pasang+2 gelas teh manis (riders dan mekanik)+cemilan+tips/sedekah hanya akan berkisar seratus ribuan rupiah karena harga suku cadangnya hanya belasan ribu (untuk bearing motor matik honda 115cc). Gak percaya? Cek kode bearing-nya, 6002-10 2RS di pencarian google.

Jadi, agar motor matik sobat drivers tetap sehat walafiat tanpa bunyi aneh di CVT, hindari betot-betot gas ya!

Writer: none

Berita Terkait

  1. Cara Meningkatkan Tenaga Tunggangan dari Sistem Pembakaran

    Setel 3 bagian ini di sistem pembakaran agar performa tunggangan makin optimal More

  2. Periksa Bagian Ini saat Membeli Ban!

    Memeriksa bagian ini saat Anda membeli ban adalah hal fadhu yang harus dilakukan sebelum Anda menyesal harus keluar kocek dua kali. More

  3. Cara Pasang Skotlet ala Profesional

    Pernah nyoba pasang skotlet sendiri tapi hasilnya blepetan atau baru mau coba personalisasi tunggangan tapi ragu? Tonton video ini supaya kamu punya ilmunya. More

  4. 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Turing

    5 hal berikut ini masih suka luput dari perhatian para penjelajah, bahkan mereka yang sudah kawakan sekalipun. More

  5. Kapan Waktu yang Tepat untuk 'Tambah Angin'?

    Ketahui waktu-waktu yang tepat untuk mengisi angin ban agar Anda bisa lebih dekat dengan tunggangan. More

Choice