Evolusi Helm dari Jadul Sampai yang 'Full Technology'

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: shark-helmets.com
iyaa.com | Jakarta: Semua pengendara pasti mengenal helm, mulai dari yang taat aturan sampai para penunggang ala 'koboy' yang terbiasa mencari helm demi memuluskan perjalan dari hambatan peluit polisi lalu lintas. Tapi tahukah sobat bagaimana sejarah helm yang yang sobat kenal saat ini?

Tak diragukan lagi bahwa helm yang sobat kenal saat ini, diciptakan pertama kali pada zaman dahulu kala - dimana kerajaan-kerajan berperang satu sama lain dan kebanyakan pasukan pasti dikisahkan mengenakan helm. Meskipun, belum ditemui literasi yang valid, mengenai tahun berapa helm pertama kali dibuat.

Setiap orang bisa saja mengatakan bahwa helm pertama kali diciptakan pada masa Yunani Kuno, tak ayal ensiklopedi bebas (setiap orang di dunia bisa menjadi kontibutor untuk membuat dan merevisi tulisan), Wikipedia mencatat, helm berbahan kulit tebal dan perunggu sudah dikenal usai digunakan oleh tentara Asiria pada tahun 900 SM.

Foto: wikipedia


Masa berlanjut, helm yang awalnya digunakan untuk melindungi kepala saat perang mulai berkembang fungsinya, perkembangan fungsi ini juga berbuntut pada pengembangan desain helm dan material yang digunakan untuk membuat helm.

Seorang ahli bedah saraf di abad ke 20 tercatat sebagai yang pertama kali membuat helm anatomis dimana bentuk helm disesuaikan dengan struktur kepala penggunanya. Sejak saat itu, pembuatan helm makin disesuaikan dengan fungsinya. Diantara jenis yang pupuler:

Helm Sepeda

Foto: lumoshelmet.co

Harus melindungi terhadap kekuatan benturan tumpul dari kepala pemakainya yang menabrak jalan dan harus berbentuk aerodinamis serta berventilasi cukup baik.

Helm Panjat Tebing

Foto: rei.com

Harus melindungi dari dampak yang berat, dan melawan benda-benda seperti batu kecil dan peralatan pendakian yang jatuh dari atas. Helm ini harus ringan dan kecil sehingga tidak mengganggu pendakian.

Beberapa helm memiliki elemen pelindung lain yang menyertainya, seperti pelindung wajah atau kacamata atau sangkar wajah, atau sangkar telinga atau sangkutan telinga dan bentuk pelindung tambahan lainnya. Bahkan, ada yang dilengkapi dengan sistem komunikasi.

Pada teknologi terkini, helm juga bisa menyatu secara digital dengan sepeda motor, smartphone, camera dan sepeda motor, seperti pada New Yamaha PES2.

Foto: Yamaha Official

Writer: none

Berita Terkait

  1. Kenapa 'Bikers' Dianjurkan Memakai Glove?

    Glove atau sarung tangan itu bukan hanya untuk gaya-gayaan. Baca ini agar sobat tahu apa fungsi glove sebenarnya. More

  2. Aksesoris Helm Ini, Bukan Hanya untuk 'Gaya-Gayaan'

    Ini model personalisasi helm yang gaya, nggak udik dan mendukung keselamatan. More

  3. Sayangi Cat Helm dengan Cara Ini

    Dengan menjaga kondisi EPS Shell, maka warna helm akan tetap cerah seperti sedia kala. More

  4. Memilih Sarung Helm yang Sesuai

    Pernahkah Anda melihat seseorang yang menenteng atau menggendong helm yang terbungkus sarung namun terlihat freak? Milih sarung helm pun ada caranya More

  5. MDS Super Pro, Jadi Tandeman CRF250Rally

    Satu lagi helm pabrikan lokal yang unjuk gigi di pasar motor tanah air. Kali ini, Super Pro dari MDS yang digaet Honda CRF250Rally sebagai pasangannya. More

Choice