Kenapa Tubuh Pembalap Ini Bergeser Sebelum Menikung?

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: facebook/JackMillerAus
iyaa.com | Jakarta: Video riding mantan runner-up Moto3 World Championship 2014, Jack Miller ini, bisa menjadi pelajaran berharga bagi sobat riders sekalian.

Tampak di video unggahan MotoGP di Facebook ini, Jack Miller melakukan aksi standing yang mendebarkan pada kecepatan tinggi menjelang bertemu tikungan ke kanan di permukaan jalan yang melandai.

Dikomentari oleh lebih dari 1,4 ribuan orang dan dibagikan sebanyak 4,5 ribuan kali, video pendek pembalap Australia ini telah ditonton oleh lebih dari 2,1 juta orang di Facebook. Sekilas, video ini hanya 'mengesankan', padahal ada ilmu yang bisa dipetik.

Perhatikan! Tubuh Jack Miller mengarah ke kiri dengan bertumpu pada pinggul dan menggantung pada suspensi lengan. Sobat bikers yang peduli safety riding pasti memperhatikan bagian ini dan sebagian pasti sudah tahu kenapa pose tubuh Jack Miller harus seperti itu.

Miller 'conserving the front tire' - FrenchGP FP1

Styyyyyle it up 💯🔥

Dikirim oleh MotoGP pada 30 Juli 2017


Posisi tubuh seperti itu memang posisi standar yang harus dilakukan saat sobat hendak menikung. Arahnya, jika hendak menikung ke kanan maka tubuh dibuang ke kiri dan begitu sebaliknya.

Tujuannya, pertama adalah mencari dan mendapatkan keseimbangan di garis terluar lintasan (marka garis utuh) di sisi kiri. Saat diaplikasikan di tengah lalu-lintas umum, teknik ini juga menjamin agar kendaraan atau objek di sisi kanan sobat tidak akan kena serempet oleh tunggangan sobat. (Ini tidak berlaku saat sobat menyalip kendaraan di tengah ya!).

Kedua, posisi ini otomatis membawa kepala ke sisi kiri terluar sehinga mata sobat bikers bisa menangkap sempurna kondisi lengkap tikungan yang hendak dilibas termasuk tingkat kemiringan jalan (tanjakan atau turunan) dan derajat sudut tikungan yang hendak kita jebol pertahanannya itu.

Well, teknik ini punya nama lho! Pemegang lisensi SIM C yang sudah mengikuti pelatihan safety riding harusnya tahu apa nama teknik dasar yang bisa mencegah kecelakaan fatal di tikungan ini.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Sirkuit Baru untuk MotoGP 2019

    Setelah Thailand menyodok masuk ke kalender MotoGP 2018, Finlandia kebagian jatah di 2019. More

  2. Hindari 'Adu Banteng' dengan 5 Teknik Ini

    Tingkatkan keamanan berkendara kamu dengan lakukan teknik-teknik singkat ini More

  3. Ugal-ugalan Sampai 'Gubrak', 'Biker' Cilik Ini Di-'Bully' Habis

    Sobat iyaaotomotif hati-hati ya Hindari serapah orang-orang karena cara berkendara sobat yang jauh dari etik. More

  4. Belajar 'Anti Jatuh' dari 'Jatuhnya' Para Pebalap Ini

    Mempelajari kesalahan para pebalap di ajang balap motor jalanan paling bengis sejagat ini, bisa bikin sobat drivers makin andal dan makin hati-hati di jalan. More

  5. Begini Kalau Kamu Kurang 'Menganggap' Polisi Tidur

    Anda mungkin bisa tertawa saat menonton video ini tapi menjadikan video ini sebagai warning bagi Anda mungkin akan lebih baik. More

Choice