Jangan Malu Gunakan Whatsapp untuk 'Berhubungan' dengan Pelanggan

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: HeikoAL
iyaa.com | Jakarta: Teknologi terus berkembang; dari era online (.com, .id, .co, dsj) dunia digital sampai era aplikasi smartphone seperti saat ini. Termasuk di dalamnya adalah ragam aplikasi perpesanan di smartphone.

Teknologi ini sudah 'rekat' di genggaman masyarakat. Karenanya, pebisnis pun lebih efektif berhubungan dengan pelanggan melalui teknologi sejenis. Tak terkecuali pada hal-hal terkait pelayanan dan penjagaan mutu dan tak terbatas pada jenis bisnis tertentu termasuk bisnis tranportasi.

Alih-alih menyelaraskan pola dengan kemutakhiran, beberapa perusahaan atau agenda organisasi pun membesut aplikasi smartphone sendiri untuk lebih 'intim' dengan civitas dan pelanggannya. Seperti PT Transjakarta misalnya, perusahaan transportasi publik ini diketahui memiliki Go-Busway, Qlue Transit dan Trafi. Tentu ada cost yang lumayan untuk ini.

Satu sisi, warga Jakarta pantas berbangga karena memiliki sarana transportasi publik yang lengkap dengan tunjangan aplikasi digital meskipun perusahaan transportasi tersebut belum 'sebesar' perusahaan transportasi lain yang sudah lebih 'besar'.

Rapid KL misalnya, sistem transportasi umum yang dioperasikan untuk kawasan Kuala Lumpur dan Klang Valley, Malaysia ini, tidak kurang 'besar' dengan jumlah driver aktif hariannya sebanyak 388,327; LRT (2012), 67,703; Monorail (2012) dan 400,000; Bus (2014).

Foto: Paultan

Tak terbentur gengsi, RapidKL dikabarkan menggunakan sebuah nomor Whatsapp untuk terhubung dengan pengguna jasa transportasi mereka. Di nomor +60107664472, para pengguna RapidKL dapat terhubung cepat dengan pihak perusahaan. Meski pada awalnya nomor ini hanya untuk pengaduan vandalisme tapi tak menutup kemungkinan bisa digunakan dan bisa dikembangkan untuk mengkomunikasikan hal lain terkait pelayanan, keamanan dan kenyamanan.

Lebih hemat ya? Tapi yang warga Jakarta nikmati saat ini juga sesuatu yang patut disyukuri.

Writer: none

Berita Terkait

  1. 'Aseeeek'! Sopir Uber Car Dapat Duit Tambahan dari Sini

    Driver Uber Car di Amrik dan negara lain sudah merasakan hasilnya. Yang di Indonesia sudah coba belum? More

  2. Serius Kaji Motor Listrik di Jepang, Yamaha E-Vino Jadi Pilihan

    Dua pabrikan otomotif raksasa dari Jepang, Honda dan Yamaha berkolaborasi dalam pengkajian sepeda motor listrik bersama Saitama City. Yamaha E-Vino dipilih dalam agenda penting ini. More

  3. Tak Adil! Razia di Jalan non Tol Kasablanka Polisi Loloskan Ninja250

    Video lolosnya Kawasaki Ninja dari razia lalu-lintas di jalan layang non tol Kasablanka tuai pertanyaan kenapa dan cerminkan kurangnya edukasi serta upaya penegakan keadilan. More

  4. Kata Pengguna Soal Kenyamanan BAJAJ QUTE

    Ini respon penumpang BAJAJ QUTE. Yakin kamu nggak mau coba? More

  5. Video Tewasnya Puluhan Siswi di Dalam Bus Tandai Sisi Ketakutan Publik

    Dideketin bikers kece dari geng sebelah saat tak sengaja naik bus bersama-sama bisa bikin ngeri-ngeri sedap. Tapi deketan dengan puluhan bangkai siswi yang putus kepalanya di dalam bus, ngeri-ngeri apa namanya? More

Choice