Parkir di Trotoar Bisa Didenda Rp 50 Juta? Bisa!

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: Ilustrasi Parkir di Trotoar/Pexels
iyaa.com | Jakarta: Trotoar masih menjadi tempat favorit bagi banyak pemotor untuk memarkirkan kendaraannya. Di Jakarta, pemandangan ini terlihat di banyak tempat, khusunya pusat-pusat keramaian seperti stasiun kereta api dan pinggiran gedung perkantoran.

Tahukah sobat iyaaotomotif bahwa memarkirkan tunggangan di trotoar bisa membuat sobat dipaksa membayar denda hingga Rp 50 juta rupiah?

Ya, denda itu sah diberlakukan sesuai bunyi pasal 275 UU No. 22 tahun 2009 ayat (2):

Setiap orang yang merusak Rambu Lalu Lintas, Marka Jalan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, fasilitas Pejalan Kaki, dan alat pengaman Pengguna Jalan sehingga tidak berfungsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).

Besar ya? Iya, itu untuk pelanggaran (parkir) yang sampai mengakibatkan kerusakan pada trotoar. Lalu bagaimana dengan pelanggaran atau parkir di trotoar yang tidak mengakibatkan kerusakan pada trotoar? Jawabannya terdapat pada ayat (1) pasal yang sama, yakni:

Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi Rambu Lalu Lintas, Marka Jalan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, fasilitas Pejalan Kaki, dan alat pengaman Pengguna Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Nah jelas ya, parkir di trotoar membawa pada konsekuensi pembayaran denda yang tidak sedikit. Baik Rp 50 juta rupiah ataupun Rp 250 ribu rupiah, sama-sama nilai yang berharga bagi sobat, bukan?

Writer: none

Berita Terkait

  1. Wajib 'Ngerti'! Supaya Cerdas Hadapi Dishub saat Tungganganmu Diderek

    Jangan asal marah dan jangan asal pasrah saat tungganganmu di derek Dishub. Baca More

  2. 'Rider' Satria FU Ditilang Gara-gara Ban Botak?

    Ternyata ban botak memang dilarang, Sob Dendanya mencapai Rp 250 ribu, sama dengan harga ban standar. More

  3. Yang Nge-'ride' di Trotoar Tahu Konsekuensi Ini Nggak Ya?

    Jangan naik trotoar kalau belum bisa bayar sanksinya More

  4. 16 Hal yang Bisa Bikin 'Anti' Tilang

    Hari gini masih kena tilang? Baca ini Kalau kamu malas baca undang-undang. More

  5. Dari Pada Kesal, Tambal Ban Sendiri Aja!

    Kamu termasuk yang sering kesal pada tukang tambal ban? Nambal ban sendiri aja Sob Bahannya murah meriah kok More

Choice