4 Perkakas yang Wajib Ada di Motor Kamu

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: Ilustrasi/picsbuffet
iyaa.com | Jakarta: Jika belum punya asisten yang siap datang saat sobat terkendala di jalan seperti bodi motor lepas, pengapian dan kelistrikan bermasalah, lampu putus, ban bocor dan kendala teknis ringan lainnya, sebaiknya sobat selalu siapkan beberapa perkakas ini di tunggangan.

1. Kunci-kunci dan Obeng

Foto: Tools Kit/MC Garage

Ini paling vital nih, makanya diler-diler motor menyertakan minimal satu obeng sebagai tools bawaan setiap motor yang dijualnya. Tapi, obeng bawaan diler tentu tidak bisa membuka seluruh baut yang ada di motor sobat, maka dari itu, sobat harus membeli sendiri obeng dan kunci-kunci yang paling sering sobat butuhkan.

Sebelum membeli obeng dan kunci, tentu sobat harus paham dulu seluk beluk motor agar tahu bagian mana saja yang rentan bermasalah di jalanan dan jagan lupa untuk memilih perkakas-perkakas model mini agar mudah dibawa-bawa.

2. Tire Kit

Foto: bukalapak

Sebenarnya, kit ini tidak berisi banyak perkakas, minimal hanya karet cacing dan alat penusuknya saja. Untuk sobat yang emosian saat menghadapi bengkel-bengkel tambal di jalanan, kit ini pasti sangat berguna.

3. Senter

Foto: Andoid Indonesia

Dulu, bikers senior selalu membawa benda ini, sebatas untuk kepentingan mekanis singkat di jalanan. Tentu yang dipilih adalah senter-senter mini seperti yang banyak dijual di lampu merah. Tapi, buat riders wayah gini, senter bawaan HP pasti sudah mumpuni selama daya baterai HP memang masih cukup.

4. Kabel Ties

Foto: Emaze

Nah, buat sobat yang bodi motornya 'koprak-koprak' penting untuk selalu sedia barang yang satu ini. Karena bodi motor yang 'seperti itu' jika tidak segera direkatkan kembali maka akan semakin rusak yang selain mengganggu pendengaran juga bisa berujung pada pergantian bodi.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Cara Merawat Bearing Motor Honda

    Pakai suku cadang asli Honda, sudah tepat. Tapi, bagaimana kalau sobat tak apik merawatnya? More

  2. Mau Tahan Harga? Jaga Bagian Motor yang Ini!

    Pangsa motor sekennya sudah terjamin. Sekarang sobat tinggal lakukan ini agar motor tetap bisa bersaing di pasaran More

  3. Cara Meningkatkan Tenaga Tunggangan dari Sistem Pembakaran

    Setel 3 bagian ini di sistem pembakaran agar performa tunggangan makin optimal More

  4. Periksa Bagian Ini saat Membeli Ban!

    Memeriksa bagian ini saat Anda membeli ban adalah hal fadhu yang harus dilakukan sebelum Anda menyesal harus keluar kocek dua kali. More

  5. Dari Pada Kesal, Tambal Ban Sendiri Aja!

    Kamu termasuk yang sering kesal pada tukang tambal ban? Nambal ban sendiri aja Sob Bahannya murah meriah kok More

Choice