Duh, Dua Sinetron SCTV Ini Kena Semprot KPI

| Editor : Kintan Lestari

Foto: Instagram
Iyaa.com | Jakarta: Dua sinetron yang tayang di SCTV yaitu Gali Lobang Tutup Lobang dan Anak Langit, belum lama ini mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

KPI menilai sinetron Gali Lobang Tutup Lobang yang tayang pada tanggal 23 Juli 2017 lalu telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 21 Ayat (1) serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 30 Ayat (1) huruf a.

Episode tersebut rupanya menampilkan adegan mayat yang bangkit dari kubur. Adegan tersebut dinilai KPI sebagai bentuk pelanggaran yang dikategorikan sebagai pelanggaran atas pelarangan program siaran mistik, horor dan supranatural. Berdasarkan pelanggaran tersebut, KPI Pusat akhirnya memberikan sanksi administratif Teguran Tertulis pada sinetron Gali Lobang Tutup Lobang.

Jika Gali Lobang Tutup Lobang hanya mendapat sanksi administratif Teguran Tertulis, sinetron Anak Langit justru langsung mendapatkan Peringatan Tertulis dari KPI. Pasalnya di episode Anak Langit tanggal 12 Juli 2017 lalu, sinetron ini menayangkan secara eksplisit adegan perkelahian yang dilakukan oleh beberapa orang pria.

Dikhawatirkan  adegan tersebut berpotensi memberi pengaruh buruk terhadap khalayak yang menonton, terutama remaja, untuk meniru perilaku tersebut. KPI Pusat menilai hal ini berpotensi melanggar Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a SPS KPI Tahun 2012 tentang perlindungan anak dan larangan program siaran klasifikasi R menampilkan muatan yang mendorong remaja belajar atau membenarkan perilaku yang tidak pantas.

KPI berharap peringatan yang dikeluarkan ini dapat membuat sinetron Gali Lobang Tutup Lobang dan Anak Langit semakin baik kedepannya.

Writer: none



Berita Terkait

  1. Stefan William Dipasangkan Sama Nasya Marcella di 'Anak Langit'?

    Stefan William kembali dipertemukan dengan Nasya Marcella. Bagaimana dengan Ranty Maria? More

  2. 'Dua Wanita Cantik' Siap Tayang, Simak Perubahan Jadwal Sinetron SCTV

    Mulai Senin, 31 Juli 2017 sinetron Dua Wanita Cantik akan tayang di SCTV. Berikut perubahan jadwal sinetron SCTV. More

  3. Bintangi 'Anak Langit', Stefan William Sebut Hiro Beda dengan Boy

    Identik dengan Boy, Stefan William pastikan sosok Hiro di Anak Langit beda dengan Boy di Anak Jalanan. More

  4. Rating Perdana 'Gali Lobang Tutup Lobang', Bagus?

    Tayang perdana di slot sore SCTV, performa Gali Lobang Tutup Lobang patut diacungi jempol. More

  5. Hih, Serem! Begini Suasana Syuting Malam 'GLTL' Di Tengah Kuburan

    Sesuai alur ceritanya, kru dan pemain Gali Lobang Tutup Lobang kerap jalani syuting di komplek pemakaman. Bagaimana suasananya? More

Choice