Daratan Jepang Bertambah Luas

| Editor : Risnawati Avin

Font Size:

iyaa.com I Tokyo: Luas daratan Jepang bertambah setelah 300 meter garis pantai baru muncul dari laut, naik hingga ketinggian 10 meter di beberapa tempat.


Perluasan dari negara yang penuh sesak itu terjadi di dekat kota Rausu di pulau Hokkaido di ujung utara negara itu.


Munculnya garis pantai tambahan itu, menunjukan apa yang dulunya merupakan dasar laut, awalnya memicu kekhawatiran gempa bumi besar yang sudah dekat, mirip dengan gempa 9,0 skala richter dan tsunami Maret 2011.


Bencana ganda tersebut, yang menyebabkan kebocoran radioaktif di pembangkit nuklir Fukushima, menewaskan hampir 16.000 orang dan menghancurkan kehidupan dari ribuan warga.


Tapi ahli geologi percaya fenomena itu mungkin akibat dari longsor, yang diakibatkan pencairan es dan salju, mengarahkan daerah terendam itu untuk naik ke permukaan laut.


Fenomena tersebut awalnya memicu ketakutan terhadap sebuah bencana mematikan lainnya seperti pada tahun 2011


Peneliti Yoshinori Yajima mengatakan kepada media setempat: "Sebuah survei dari udara menunjukkan bahwa pembengkakan tanah itu terjadi sebagai akibat dari tanah longsor."


Pihak berwenang memperkirakan tanah tidak akan bertambah luas lagi.


Seorang petugas di Biro Pembangunan Daerah  Hokkaido dari pemerintah pusat, mengatakan: "Pemahaman kami adalah bahwa fenomena ini berbeda dari gempa bumi."


Rausu bukan satu-satunya tempat di mana Jepang bertambah luas.


Sebuah pulau baru-baru ini muncul dari laut sekitar 1,000km selatan Tokyo dan terus tumbuh dengan sebuah gunung berapi di pusatnya mengeluarkan magma.


Dilansir dari skynews, pada bulan Februari, dilaporkan pulau itu terukur sekitar satu setengah km persegi - kira-kira seukuran 345 lapangan sepak bola.



Tags :

Writer: Yosia Elyavar Nathanael