Awal 2016 Sejumlah Petinggi Polri Dimutasi, Berikut Profilnya

| Editor : Risnawati Avin

Foto: Ilustrasi

iyaa.com | Jakarta: Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti baru saja mengumumkan mutasi alias perombakan beberapa perwira menengah dan tinggi di jajaran Kepolisian. Mutasi jabatan dilakukan Kapolri pada tujuh Kapolda sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor 2718_2719/XII 2015, tertanggal 31 Desember 2015.

Dalam perombakan tersebut, tercatat ada jendral bintang dua yaitu Irjen Djoko Prastowo yang ditunjuk sebagai Kapolda Sumatera Selatan. Sisanya, merupakan Jenderal berbintang satu yaitu: Brigjen Ilham Salahudin yang ditunjuk sebagai Kapolda Maluku, Brigjen Basarudin sebagai Kaplda Sumbar, Brigjen E. Widyo Sunaryo sebagai Kapolda Nusa Tenggara timur, Brigjen Ike Edwin yang diangkat sebagai Kapolda Lampung, Brigjen Sanbudi Gusdian sebagai Kapolda Kepulauan Riau dan Brigjen Musyafak sebagai Kapolda Jambi yang baru.

untuk mengenai lebih jauh mengenai profil beberapa pimpinan kepolisian daerah tersebut, berikut iyaa.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Brigadir Jendral Ilham Salahudin (Kapolda Maluku)

Karir Brigjen Ilham Salahudin di kepolisian dimulai setelah dirinya lulus dari akademi kepolisian pada tahun 1986 dan bertugas di Polres Riau Timur. Beberapa tahun bertugas di Riau, Brigjen Ilham juga pernah menghabiskan masa tugasnya sebagai Komandan Satuan (Dansat) Brimob di Maluku pada 2002 sebelum menjadi Kapolres di dua daerah di Jawa Timur.

Setelah itu, karirnya semakin menanjak saat ditunjuk sebagai Kasat Brimob di dua daerah dalam dua tahun. pada 2006, Ilham Salahudin bertugas sebagai Kasat Brimob di Polda kalimantan timur, dan setahun berikutnya dirinya menjapat posisi yang sama di Polda Jatim. Sempat berpindah tugas dalam beberapa tahun setelah itu, karirnya makin cemerlang saat ditunjuk menjadi Wakapolda Sumatera Utara pada 2015. Selanjutnya dia ditunjuk menjadi Kapolda Maluku menggantikan Murad Ismail yang dipromosikan sebagai kepala Komando Korps Brimob di Mabes Polri.

2. Brigadir Jendral Polisi Basarudin (Kapolda Sumatera Barat)

Brigjen Basarudin merupakan pejabat kepolisian lulusan akpol tahun 1988 yang juga pernah menjadi ajudan Wakil Presiden RI di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat jabatan Wapres dipegang oleh Boediono. Jauh sebelumnya, pria kelahiran Brebes tersebut juga pernah menjabat beberapa posisi strategis di beberapa daerah seperti Wadirlantas Polda Jawa Tengah periode 2007-2008, Wakapolda Yogyakarta pada 2012-2013 dan Wakapolda Sumatera Utara pada 2013-2015. Sebelum diangkat Kapolri sebagai pemegang komando kepolisian di Sumatera Barat, terlebih dulu polisi unit lalu Lintas tersebut menjabat sebagai Kepala Biro Perawatan Personil SSDM Polri pada 2015.

3. Brigadir Jendral Ike Edwin (Kapolda Lampung)

Sebelum diangkat Kapolri Jenderal Badroddin Haiti sebagai Kepala kepolisian Daerah lampung pada 2016 ini, Brigjen Ike Edwin merupakan Wakapolda Sumatera Selatan yang dijabatnya sejak tahun 2013. Pria almamater akademi polisi angkatan 1985 tersebut sebelumnya juga sudah beberapa kali memegang jabatan strategis di kepolisian, antaranya sebagai Direktur Tindak Pidana Korupsi (Ditipidkor) Bareskrim Polri pada 2010. Disamping itu, Ike Edwin juga berpengalaman karena beberapa kali pejabat kepolisian kelahiran Jakarta tersebut menjadi Kepolres dibeberapa tempat seperti Polres Tanah Bambu di Kalimantan Selatan, dan Polres Metro Jakarta Pusat pada 2008 silam.


4. Brigadir Jendral Musyafak (Kapolda Jambi)

Sebelum diangkat sebagai Kapolda Jambi, Brigjen Musyafak sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jawa Tengah. Belum genap setahun sejak dilantik menjadi Wakapolda Jateng pada Maret 2015 lalu, terhitung mulai 2016 ini, secara resmi perwira kelahiran Demak tersebut resmi menjadi Pimpinan Kepolisian Daerah Jambi sesuai dengan surat Telegram Kapolri Nomor 2718_2719/XII 2015 yang memintanya menggantikan Brigjen Lutfi Lubihanto yang dipromosikan menjadi Wakabintelkam.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Hakim 'Gagal Paham' Terus di Bully Netizen

    Sosok hakim gagal paham yang mengeluarkan pernyataan kontroversial tentang pembakaran hutan masih menuai kecaman dari masyarakat... More

  2. Hilang, PNS dan Isteri Seorang Dokter di RS Sardjito Diduga Masuk ISIS

    Isteri seorang dokter yang bertugas di RSUP Sardjito Yogyakarta bernama Rica Tri Handayani dikabarkan menghilang karena diduga ... More

  3. Ini 5 Petinggi Negara yang Menyatakan Diri sebagai LGBT

    Masyarakat di berbagai penjuru dunia tak bisa menutup mata dan menafikan bahwa belakangan ini semakin banyak kaum LGBT secara tera... More