Musim Durian Tiba, Saatnya Berburu Kuliner Serba Durian ke Pekanbaru

| Editor : Bayu Mardianto

Festival durian di Pekanbaru | Foto: Goriau

iyaa.com | Jakarta: Musim durian tiba, dan bila ada waktu berlibur ke Pekanbaru, Riau, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh beragam makanan yang bahan dasarnya dari buah durian.

Ternyata tidak hanya Medan yang punya oleh-oleh serba durian, Pekanbaru juga tempat yang cocok untuk memburu durian bagi para penggemar buah yang dijuluki sebagai raja buah ini.

Durian Pekanbaru konon sudah terkenal dengan kelezatan dan aromanya. Ada yang menyebutkan bahwa durian yang dijual di Pekanbaru berasal dari sejumlah Kabupaten di Pemprov Riau, seperti Bengkalis, Kampar, dan Selat Panjang.

Bila ingin menyantap daging buah durian segar, ada sejumlah tempat pedagang durian di Pekanbaru yang bisa didatangi, diantaranya di Jalan Jenderal Sudirman, Pasar Pagi Arengka, Jalan HR Subrantas, dan Jalan Durian – tepat di belakang kantor Gubernur Riau.

Harga buah durian yang dipasarkan bervariasi, mulai dari Rp25 ribu hingga Rp65 ribu per buah.

Tidak hanya buah durian, di Pekanbaru kita juga dapat mendapatkan beragam produk makanan yang terbuat dari durian, seperti lempok durian yang sudah sangat terkenal, dodol, pancake durian, bolu gulung, bolu kemojo, kebab durian, es krim, dan cake. Banyak banget deh, makanan olahan yang terbuat dari durian di Pekanbaru.

Oh iya, satu lagi kuliner yang terbuat dari durian yaitu es pocok durian. Minuman dingin yang sedang tenar di Pekanbaru ini terbuat dari buah durian, alpukat yang dikocok, lalu diberi es batu, jagung manis pipilan, coklat chips, dan sirup.


Lempok atau lempuk durian dan bolu kemojo merupakan makanan khas dari Riau. Makanan ini memang sudah lama menjadi oleh-oleh khas dari Pekanbaru.

Lempok durian adalah makanan yang terbuat dari daging durian asli dan diolah dengan gula merah. Menyantap lempok durian serasa menyantap buah durian sungguhan, karena panganan ini memiliki tekstur kasar, kenyal, dan padat, serta aroma duriannya yang kuat.


Perbedaan lempok dengan dodol durian adalah, lempok durian menggunakan bahan dasar hanya gula merah dan daging durian. Sementara, dodol durian ada dua bahan campuran lainnya, yaitu tepung ketan dan kelapa.

Bolu kemojo adalah kue yang sudah menjadi ciri khas dan populer di kota Pekanbaru, Riau. Ciri khas dari kue bolu ini adalah bentuknya yang menyerupai bunga. Orang Pekanbaru menyebutnya bunga kemojo atau kemboja (kamboja).


Kue ini terbuat dari bahan utama tepung terigu dan telur, serta sejumlah bahan lainnya. Bolu kemojo diolah dalam berbagai macam varian rasa diantaranya, coklat, pandan, nangka, dan yang sedang populer adalah rasa durian.

Writer: none