Sapta Tirta, Pemandian yang Memiliki 7 Mata Air Berbeda

| Editor : Bayu Mardianto

Foto: Blogspot Adhieswand
iyaa.com | Jakarta: Sebuah obyek wisata pemandian di Karanganyar, Jawa Tengah, terbilang unik karena di dalamnya terdapat 7 sumber mata air yang berbeda.

Sapta Tirta merupakan satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi karena lokasi pemandian ini memiliki keunikan, yaitu terdapat 7 sumber air yang berbeda di dalam satu area. Nama Sapta Tirta diambil dari bahasa Sansekerta, yang artinya 7 mata air yang berbeda.

Tempat pemandian ini berada di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dengan jarak sekitar 3 km dari ibukota Kabupaten Karanganyar.

Konon, pada dahulu kala tempat pemandian ini menjadi salah satu petilasan Raja-raja Mangkunegaran, Surakarta.

Sapta tirta berhawa sejuk, karena terletak di kaki Gunung Lawu dengan latar belakang hutan pinus Argotiloso.

Jarak terdekat antar mata air di komplek Sapta Tirta sejauh 5 meter, dan jarak terjauh adalah 13 meter. Hal yang membuatnya unik, meski jaraknya berdekatan, namun ketujuh mata air di sini memiliki kandungan berbeda-beda.

Berikut 7 macam mata air di komplek pemandian Sapta Tirta, dan penjelasannya.

Sumber air bleng

Mata air ini mempunyai rasa asin, dan sebagian besar orang memanfaatkan mata air ini untuk membuat karak, sejenis kerupuk yang dibuat dari nasi. Sampai sekarang, sumber mata air ini tidak pernah kering. Anda tidak dipungut biaya bila ingin membawa sumber air Bleng ini.

Sumber air hangat

Air dari sumber air disini memang terasa hangat, dan biasanya dimanfaatkan pengunjung untuk mandi atau membasuh anggota badan, dengan harapan dapan menyembuhkan penyakit kulit dan juga rematik.

Sumber air kasekten

Kata kasekten dalam bahasa Jawa berarti kesaktian. Mata air ini sering digunakan para pengunjung untuk mendapatkan kekuatan, kesehatan yang lebih baik, serta menyucikan jiwa dan raga.

Sumber air hidup

Air dari mata air hidup ini biasa digunakan pengunjung untuk membasuh wajah. Mereka meyakini air dari sumber air hidup bisa membuat wajah terlihat awet muda. Air hidup juga sering digunakan oleh penduduk setempat untuk ritual pernikahan.

Sumber air mati

Air yang berasal dari mata air mati ini dilarang digunakan karena dipercaya air tersebut mengandung mineral berbahaya dan mematikan, meski belum ada data hasil penelitian.

Sumber air soda

Air yang berasal dari mata air ini diyakini memiliki rasa mirip soda dan mengobati penyakit dalam, seperti sakit ginjal, lever, atau TBC.

Sumber air urus-urus

Air dari sumber air ini diyakini dapat memperlancar buang air besar dan mengatasi sembelit.

Writer: none