Berwisata Alam ke 8 "Negeri di Atas Awan" di Indonesia

| Editor : Bayu Mardianto

Pemandangan "Negeri di Atas Awan" dari Bukit Panguk, Kediwung, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta | Foto: Blog
iyaa.com | Jakarta: Wakil Presien Jusuf Kalla dalam satu kunjungan kerjanya pada pekan lalu mengunjungi destinasi wisata “Negeri di Atas Awan” Lolai, Kecamatan Kapala Pitu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Jusuf Kalla sudah lama ingin datang dan melihat langsung Negeri di Atas Awan di Toraja tersebut. Setibanya disana, JK pun merasa takjub dengan keindahan kabut yang menyelimuti pegunungan di sekitar bagaikan hamparan awan berada di bawah tanah yang dipijaknya.

Indonesia memiliki sejumlah dataran tinggi yang pada waktu tertentu, khususnya di pagi hari, kita dapat menyaksikan kabut putih bak awan yang berarak di bawah tempat kita berada.

Berikut 8 kawasan dataran tinggi di Indonesia yang pantas mendapat julukan sebagai “Negeri di Atas Awan.”

1. Puncak Kendalisodo, Petungkriyono

Petungkriyono merupakan daerah pegunungan di Pekalongan, Jawa Tengah, yang sebagian wilayahnya masuk ke dalam kawasan Dataran Tinggi Dieng. Tempat ini sering dijadikan sebagai satu destinasi pendakian oleh kelompok pecinta alam. Di puncak Kendalisodo, Petungkriyono, akan ditemui sebuah gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat keindahan alam di sekitar atau sekedar untuk berfoto selfie.

2. Dataran Tinggi Dieng

Dieng sudah terkenal dan memikat banyak pengunjung karena memiliki keindahan alam yang eksotis. Tempat yang tepat untuk melihat hamparan awan yang menyelimuti daratan terterpa sinar matahari pagi adalah di Bukit Sikunir. Dari sebuah gardu pandang anda akan menyaksikan cahaya matahari berwarna kuning keemasan, atau yang dikenal dengan sebutan Golden Sunrise.

3. Bukit Panguk Kediwung Dlingo

Bukit Panguk Dlingo berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta. Bukit ini belakangan menjadi ramai dikunjungi setelah beredar foto keindahan alamnya beredar di dunia maya. Pemandangan di puncak bukit begitu menakjubkan, karena dari sini pengunjung dapat melihat deretan bukit hijau yang menjulang, serta lekuk aliran sungai Oyo.

4. Gunung Andong

Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini terletak diantara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag, dengan memiliki ketinggian sekitar 1.463 meter di atas permukaan laut. Gunung Andong menjadi lokasi favorit bagi pendaki pemula karena mudah didaki dan puncaknya tidaklah terlalu tinggi. Saat liburan tiba, lokasi ramai dengan pecinta wisata alam untuk berkemah dan menikmati keindahan alam dari atas gunung.

5. Bukit Banyon

Kabupaten Trenggalek memiliki banyak daya tarik wisata alam, mulai dari pantai, goa, dan pegunungan. Ada satu yang menarik dikunjungi untuk dapat menikmati suasana “Negeri di Atas Awan” Trenggalek, yaitu Bukit Banyon. Di sini kita tidak hanya dapat melihat indahnya awan berarak menyelimuti kawasan perbukitan, tapi kita juga dapat menyaksikan bintang-bintang bertaburan di langit Trenggalek pada malam hari.

6. Puncak B 29

Puncak B 29, atau Puncak Saptorenggo, atau puncak bukit 2.900 Mdpl, adalah puncak tertinggi di Gunung Muria, Jawa Tengah. Anda yang hobi mengunjungi lokasi-lokasi wisata alam harus datang ke puncak B 29 ini. Dari puncak bukit ini kita bisa melihat hamparan lautan awan putih dan kita bisa menikmati sensasi seperti sedang berada diatas awan.

7. Mamullu, Mamasa

Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat ternyata juga memiliki “Negeri di Atas Awan,” yang sama indahnya dengan di Toraja. Lokasi ini berada di Kampung Paken, Desa Mamullu, Kecamatan Pana, Mamasa, Sulawesi Barat. Tempat yang sangat indah untuk dapat melihat hamparan awan dari ketinggian ini, kurang diberdayakan oleh pemerintah setempat sehingga tidak ada akses jalan yang memadai menuju ke lokasi.

8. Dataran Tinggi Lolai

Dataran Tinggi Lolai baru beberapa tahun dijadikan sebagai destinasi wisata alam oleh pemerintah Kabupaten Toraja Utara. Setiap pekan, ribuan orang mendatangi Lolai, sebuah desa yang ada di Kecamatan Kapalapitu ini. Mereka ingin menyaksikan sensasi di atas awan dari ketinggian bukit Lolai. Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga saking penasaran dan ingin merasakan sensasi berada di atas awan, akhirnya mengunjungi Lolai pada pertengahan Januari 2017. JK datang bersama istri tercinta, Mufidah, beserta rombongan. 


Writer: none