Cicipi 7 Kuliner Khas Kampung Halaman Ahok

| Editor : Bayu Mardianto

Foto: Facebook Yan Julian
iyaa.com | Jakarta: Pulau Belitung terkenal dengan pesona baharinya yang menakjubkan. Pantai-pantainya menawan serta panorama bawah lautnya yang sangat indah, mulai menjadi perhatian publik luas setelah muncul dalam film Laskar Pelangi.

Tidak hanya baharinya yang mempesona, kampung halaman dari Gubernur DKI Jakarta petahana, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ini juga terdapat beragam kuliner khas yang sedap dan wajib dicicipi saat kamu jalan-jalan ke sana.

Berikut 7 kuliner khas Belitung, yang dirangkum iyaa.com dari berbagai sumber;

1. Mie Belitung

Foto: Facebook Ine Pechler

Mie Belitung merupakan kuliner khas pulau ini, dengan rasa dan penyajian yang berbeda dengan mie dari daerah lain di Indonesia. Mie Belitung disajikan dengan kuah kari udang berikut dengan udang rebusnya, irisan tahu goreng, potongan ketimun, tauge, kentang, cabe rawit ulek, dan emping. Rumah makan Mie Belitung Atep adalah satu rumah makan yang paling terkenal menyajikan menu mie ini.

2. Gangan


Gangan adalah sup ikan khas Belitung. Ciri khas sup ikan Belitung adalah kuahnya yang berwarna kuning kunyit, memiliki rasa asam dari nanas, manis, dan pedas. Ikan yang paling populer untuk dibuat Gangan diantaranya adalah ikan ketarap, ilak, dan baronang.

3. Pais


Kuliner nikmat khas Belitung lainnya yang perlu dicoba adalah Pais Ikan. Pais ikan tidak dipepes, melainkan dibakar. Ikan bakar ini diberi bumbu yang sama dengan Gangan, yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, cabai rawit merah, kemiri, serai, dan nanas atau asam.

4. Suto Belitong


Makanan ini adalah ketupat sayur khas Belitung. Suto adalah lontong yang disajikan dengan bihun, kentang, irisan daging sapi, dengan kuah santan rebusan daging sapi.

5. Berego


Kuliner yang saatu ini mirip dengan lontong sayur, namun berego bukanlah lontong. Berego terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan sagu, lalu dibentuk menjadi gulungan dan dikukus. Berego yang memiliki tekstur kenyal itu disajikan dengan kuah kari ikan.

6. Lakse



Konon, kuliner Lakse ini terinspirasi dari spaghetti. Lakse merupakan kuliner khas Melayu Belitung yang dibuat dari tepung beras, sagu, dan santan. Bentuk Lakse mirip kue putu mayang, dan dinikmati dengan kuah ikan tenggiri.

7. Sambal Lingkong


Meski namanya sambal, tapi Sambal Lingkong khas Belitung ini tidaklah pedas, bukan seperti sambal pada umumnya. Sambal Lingkong khas Belitung seperti abon yang dibuat dari ikan tenggiri, santan, dan berbagai bumbu rempah. Sambal Lingkong biasanya menjadi oleh-oleh khas Belitung.

Writer: none