Liburan ke Korea Selatan, Ini 18 Restoran Halal

| Editor : Bayu Mardianto

Foto: Blog Kyuazwa
iyaa.com | Jakarta: Bagi mayoritas warga Indonesia yang beragama Islam, wajib hukumnya mencari rumah makan halal bila sedang jalan-jalan ke satu negara yang mayoritas penduduknya non Muslim, seperti Korea Selatan.

Namun, Muslim Indonesia tidak perlu khawatir kesulitan untuk menemukan rumah makan yang menyediakan makanan halal, bila ingin berkunjung ke Korea Selatan karena di sana cukup banyak restoran dengan menu makanan halal.

Berikut restoran halal yang ada di kota-kota besar di Korea Selatan, seperti dikutip dari Restaurant Guide for Muslim Visitors to Korea terbitan Korea Tourism Organization.

1. Restoran Asia di pemukiman Myeong-Dong dan Distrik Jongno, Seoul

Di Myeongdong atau Myongdong dan Distrik Jongno terdapat restoran bergaya Uzbekistan yang menyajikan menu yang ada disini kebanyakan menggunakan daging domba. Restoran ini berlokasi di Jangchung-dong 2-ga, Jung-gu, Seoul.

2. Balwoo Gongyang (Restoran Korea)

Balwoo Gongyang adalah salah satu restoran Korea yang terkenal dengan menu vegetarian. Jadi, semua makanan yang ada di sini adalah halal karena kebanyakan berbahan dasar sayuran. Balwoo Gongyang berlokasi di Gyeonji-dong, Jongno-gu, Seoul.

3. First Nepal

First Nepal alah satu restoran yang menawarkan menu masakan India. Menu makanan yang terkenal di sini ialah Nepalese Dishes, Kari, Tandoori, Salad dan Samosa. Restoran ini berada di Daehyeon-dong, Seodaemun-gu, Seoul.

4. Iibok (Restoran Korea)

Restoran yang menyajikan menu ikan ini mungkin mampu memberikan sensasi yang berbeda untuk anda dan keluarga. Menu makanan terkenal disini adalah bulgogi (yang dicampur dengan ikan dan sayur) dan tempura ikan. Iibok berada di Seogyo-dong, Mapo-gu,Seoul.

5. Salam

Restoran Salam terletak di sebelah pusat Seoul, dekat Masjid Itaewon, sehingga restoran ini acap kali ramai dikunjungi tamu-tamu muslim. Menu yang paling populer dari resto ini adalah Dolma Biber, yaitu paprika diisi dengan domba, beras, dan sayuran, dan Sutlach dengan rasa manis yang kuat. Restoran ini berlokasi di Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul.

6. Agra (Restoran India)

Agra merupakan restoran yang memadukan konsep antara India dengan China. Menu makanan yang terkenal disini adalah The Tandoori Chiken dan menu makanan dari kari. Lokasi Agra berada di Itewon 1-dong, Yongsan-gu, Seoul.

7. Pulhayanggi (Restoran Korea)


Restoran Pulhayanggi merupakan restoran yang menyediakan bermacam menu vegetarian. Pada umumnya restoran ini menyajikan menu sehat seperti rempah-rempah segar, jamur dan juga tofu. Restoran tersebut berlokasi di Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul.

8. Dal ( restoran India)


Restoran Dal adalah restoran India yang menyajikan makanan halal dengan menu yang tersedia berupa kari, ging domba, keju, ayam dan banyak lagi. Restoran tersebut berada di Sinsa-dong, Gangnam-gu, Seoul.

9. Baengnyeonok (Restoran Korea)

Restoran yang satu ini halal karena terkenal dengan hidangan Tofu (sejenis tahu). Menu makanan yang terkenal di sini di antaranya Jayeonsik sundubu baekban, Dubu jeongol, Bimbimbap dan masih banyak lagi. Restoran Baengnyeonok berada di Seocho3-dog, Seocho-gu, Seoul.

10. Cheagundam (Restoran Korea)


Restoran ini juga menyajikan menu yang berbahan sayuran dengan pilihan menu sayuran tradisional Korea, seperti sayuran organik, jamur, serta makanan yang berbau seafood. Chegundam berada di Daechi-dong, Gangnam-gu, Seoul.

11. Arabesque

Restoran halal yang satu ini menjadi restoran asing yang cukup populer di Incheon, karena menawarkan menu hidangan ala Turki. Makanan di sini dijamin 100% halal bagi wisatawan muslim. Arabesque berada di Inhyeon-dong, Jung-gu, Incheon.

12. Loving Hut (Restoran Korea)

Restoran halal ini menyajikan makanan vegetarian, dan yang menariknya lagi restoran ini sama sekali tidak menggunakan MSG/ Penyedap rasa. Loving Hut berada di Bojeong-dong,Giheung-gu,Yongin, Gyeonggi-do.

13. Bungyeongjeong ( Restoran Korea)


Bungyeongjeong merupakan restoran halal di Korea Selatan yang terkenal dengan menu pollack hot pot, makanan yang berisikan potongan daging ikan. Para pengunjung resto bisa memilih sendiri makanan tersebut sesuai dengan keinginannya. Restoran ini berada di Gumi-dong, Bundang-gu, Seongnam, Gyeonggi-do.

14. Buil Sikdang (Restoran Korea)

Anda bisa mencicipi makanan sayuran langsung dari pegunungan serta menu halal lainnya, yang tentunya memberikan sensasi kuliner berbeda di restoran Buil Sikdang. Restoran yang berusia sudah 50 tahun ini berada di Hajinbu-ri, Jibun-myeon, Pyeongchang, Gangwon-do.

15. Dongmyeong Saengseon Sutbulgui (Restoran Seafood Korea)


Dongmyeong Saengseon Sutbulgui merupakan restoran ikan panggang yang sangat terkenal di Sokcho. Makanan yang menjadi rekomendasi restoran ini adalah seafood and soybean paste stew. Dongmyeong Saengseon Sutbulgui berada di Dongmyeong-dong, Sokcho,Gangwon-do.

16. Dubumaeul (Restoran Korea)

Dubumaeul merupakan restoran halal berikutnya yang wajib dicoba. Menu makanan yang ada di sini menggunakan tofu tradisional khas Korea yang lembut. Lokasi Dubumaeul berada di Unjeong-dong, Gangnung, Gangwon-do.

17. Camapkahd (Restoran Ubzekistan)

Merupakan salah satu restoran Uzbekistan yang ada di Busan. Terkenal dan memiliki cita rasa lezat dengan sentuhan menu halal. Camapkahd berlokasi di Choryang 2 dong, Dong-gu, Busan.

18. Hajinine (Restoran Korea)

Jika Anda ingin mencicipi sensasi kerang bakar, Hajinine merupakan salah satu restoran yang direkomendasikan. Restoran ini terletak di Jung2-dong , Haeundae-gu, Busan.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Cicipi 7 Kuliner Khas Kampung Halaman Ahok

    Kampung halaman dari Gubernur DKI Jakarta petahana, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ini terdapat beragam kuliner khas yang sedap dan wajib dicicipi saat kamu jalan-jalan ke sana. More

  2. Menikmati Hidangan Makanan di Restoran Bawah Air

    Untuk dapat menikmati sajian makanan di rumah makan tersebut pengunjung harus menggunakan peralatan selam mereka, dan menyelam ke dasar kolam sedalam 5 meter. More

  3. Tarantula Goreng Jadi Menu Kuliner Ekstrem Khas Kamboja, Berani Coba?

    Tarantula oleh warga Kamboja dimasukkan ke dalam kategori beberapa makanan lezat di dunia, seperti kaviar atau truffle, yang dinikmati secara eksklusif oleh orang kaya dan berkuasa. More