5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Turing

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: pixabay
iyaa.com | Jakarta: Melakukan perjalanan jauh memang menyenangkan baik bagi para penggila turing maupun bagi mereka yang pemula. Bertemu orang-orang baru, suasana sosial yang baru dan alam yang baru dipastikan menjadi kenangan yang melekat hingga jangka waktu yang cukup panjang.

Tapi kesalahan kecil saja bisa membuat perjalanan menjauhi rumah tinggal dalam waktu yang lama untuk pulang membawa segudang kegembiraan menjadi kegagalan yang berbuntut kekecawaan panjang.

Berikut ini adalah 5 hal penting sebagai persiapan turing yang iyaaotomotif rangkumkan untuk sobat:

1. Memilih Tunggangan
Sebelum memilih tunggangan terlebih dahulu sobat harus memiliki informasi akurat tentang kondisi permukaan jalan, elevasi atau turun dan naiknyanya trek, rekayasa lalu lintas yang berlaku, kultur lalu lintas warga sekitar, kondisi cuaca, dll.

2. Memilih Perlengkapan
Data yang sudah sobat miliki di poin pertama tentu menghasilkan pilihan motor yang tepat untuk digunakan. Ini, secara otomatis akan mempertemukan sobat pada perlengkapan perjalanan atau 'setelan' yang tepat.

3. Perhatikan Bobot
Bukankah sobat sudah memiliki tunggangan yang tepat? Artinya, sobat bisa lebih cermat menghitung berapa bobot barang bawaan yang akan digendong dalam perjalanan kali ini. Perhatikan daya tampung teraman yang disanggupi tunggangan! Hitung berat kosong tunggangan ditambah berat badan sobat dan pembonceng (jika ada) dan sisanya adalah jumlah maksimum barang yang bisa dibawa.

4. Rencana
Buatlah rencana perjalanan yang sesuai dengan gaya berkendara sobat. Jangan merencanakan jarang tempuh terlalu panjang pada waktu yang singkat atau merencakan jarang tempuh yang lebih pendek dengan kecepatan yang lebih rendah sebelum sobat mengenali gaya berkendara sobat sendiri. Karenanya, jika sobat adalah penjelajah baru, disarankan untuk mulai berlatih dengan perjalanan-perjalanan pendek (1-2 hari) untuk mengenali gaya berkendara sobat.

5. Hindari Berkendara sambil Bekerja
Beberapa orang melakukan ini; melakukan perjalanan turing kemudian mengerjakan pekerjaan/bisnis di laptop atau gadget setiap kali motor beristirahat tapi hasilnya tidak akan maksimal. Pekerjaan tidak maksimal, perjalanan pun jadi kurang dinikmati.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Kenapa 'Bikers' Dianjurkan Memakai Glove?

    Glove atau sarung tangan itu bukan hanya untuk gaya-gayaan. Baca ini agar sobat tahu apa fungsi glove sebenarnya. More

  2. GSX S150 Touring Edition, Ancam Pasar 'Sport Bike' Indonesia

    Satu lagi pilihan untuk para pecinta motor sport tourer khususnya pabrikan Suzuki. GSX S150 Touring Edition lahir dari GSX 150 yang laris manis di pasaran. More

  3. Teman Dilindas, Puluhan Bikers 'Gulung Habis' SUV

    Jika Anda pengendara mobil, sedikit kesalahan yang Anda perbuat pada kumpulan biker di jalanan bisa menjadikan Anda sebagai bulan-bulanan mereka. Apa lagi jika kesalahan Anda fatal seperti pada video ini. More

  4. Setelah Ini, Pilih 'Full Face' atau 'Half Face'?

    Yakin masih mau pantang pakai helm Full Face? Alasan gerah, berat, pusing, bisa Anda pertimbangkan ulang setelah melihat video ini More

  5. Bikers, Pernah Coba Melintas di Rel KA?

    Jika sobat pernah berencana untuk melakukan aksi nekat bersama tunggangan di rel kereta api, sebaiknya rencana tersebut dikaji ulang sebelum sobat mengalami hal ini. More