Kapan Waktu yang Tepat untuk 'Tambah Angin'?

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: pixabay
iyaa.com | Jakarta: Tunggangan sering kali menjadi seperti soul mate bagi para rider. Tapi sayangnya kebanyakan rider lalai dalam menjaga dan merawat soul mate-nya itu, tak terkecuali pada hal sepele dan seringan menjaga 'tekanan angin ban'.

Padahal, tekanan angin yang cukup pada ban akan memberi keuntungan antara lain; mencegah ban botak sebelah atau aus tidak merata dan benjol, mencegah ban meletus, membantu meringankan tugas mesin saat kendaraan melaju yang mana hal ini berakibat pada efisiensi bahan bakar.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengisi angin ban tunggangan Anda?

Pertama, biasakan memeriksa tekanan angin ban pada pagi hari saat motor pertama kali dipanaskan (daily warming engine). Atau, jika Anda termasuk rider yang punya kebiasaan mengisi bensin di pagi hari, Anda bisa mengisi angin ban di SPBU langganan Anda. Kebanyakan SPBU saat ini, sudah memiliki layanan self service gratis untuk pengisian angin ban.

Kedua, tambah angin ban kendaraan Anda pada setiap kali Anda selesai melintasi jalanan yang tergenang air sementara mesin mobil dalam keadaan panas. Karena angin dalam ban kendaran Anda akan keluar saat ban yang panas secara tiba-tiba berhadapan dengan suhu dingin dari genangan air di jalan.

Ketiga, jika Anda memiliki rutinitas aktifitas yang padat pada setiap pagi hari maka sebaiknya Anda perbarui angin ban kendaraan Anda pada malam hari sebelum tunggangan sepenuhnya beristirahat. Anda juga bisa menambahkan satu poin dari takaran angin normal jika sepanjang malam-usai diisi angin-kendaraan akan diparkir di tempat yang sangat dingin atau ban bersentuhan langsung dengan lantai keramik sepanjang malam.

Tiga hal sederhana itu bisa membuat Anda lebih intim dengan soul mate Anda. Adapun mengenai ukuran tekanan ban, bisa Anda lihat di buku manual kendaraan Anda.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Mobil Kotor, Lebih Hemat BBM?

    Tersiar kabar bahwa mobil yang kotor akan lebih irit BBM. Bagaimana menurut Anda? More

  2. Tips Lewati Jalan yang Sedang Direkonstruksi

    Banyak kecelakaan lalu-lintas terjadi karena hal-hal yang terkesan tidak penting. Tips berikut adalah hal tidak penting yang terbilang penting untuk dijadikan panduan saat melintas di tengah kemacetan. More

  3. 8 Tips Mobil Anti Maling

    Lakukan hal-hal berikut ini untuk mengamankan kendaraan kamu dari aksi jahat para pencuri. More

  4. 2 Kunci Utama Cegah Kantuk saat Berkendara

    Mengantuk adalah hal berbahaya bagi pengendara yang bisa menyebabkan kematian. Pahami bagaimana kantuk terjadi dan cegah dengan 2 kunci ini More

  5. Jangan Gunakan Velg Racing saat Mudik

    Meskipun ratusan bengkel disiagakan di jalur mudik oleh berbagai perusahaan otomotif, tapi melakukan penggantian velg sebelum mudik akan lebih memberi ketenangan sepanjang perjalan ke kampung halaman. More