Kebiasaan Ganti Oli Ini Bikin Masalah Serius di Mesin

| Editor : Muhammad Dzulfiqar
iyaa.com | Jakarta: Mengganti oli sendiri terkadang bisa jadi pilihan lebih baik ketimbang mengganti oli di bengkel. Pasalnya, kebiasaan montir mempercepat aliran buangan oli dengan menyemprotkan angin kompresor lewat lubang pengisian oli dalah hal yang berisko.

Mengutip tips yang disampaikan oleh federal oil pada artikel berjudul "Yuk Ganti Oli sepeda Motor Sendiri, Ini Dia Caranya" yang live di federaloil.co.id, kebiasaan menyemprotkan angin ke lubang pembuangan oli beresiko menyebarkan kotoran yang ada di dalam filter oli ke ruang mesin.

Sehingga, disarankan untuk membiarkan oli mengalir ke lubang pembuangan di bawah tanpa paksaan atau dorongan dari atas.

Tentu proses pembuangan oli ini akan menjadi lebih lama, tapi umur mesin juga akan jadi lebih lama karena daleman mesin telah berhasil dijauhkan dari gangguan penyebaran kotoran filter ke seluruh mesin akibat semprotan kompresor.

Nah, mengingat proses pembuangan oli kotor akan lebih lama jika dilakukan dengan cara ini, maka kebiasaan driver-driver 'jadul' yang mengganti oli dengan mengosongkan oli semalaman suntuk dan mengisinya kembali saat pagi hari, bisa menjadi pilihan terbijak untuk dilakukan.

Oli terganti, mesin aman dari sebaran kotoran, bebas antri di bengkel, hemat biaya jasa montir dan waktu yang berubah jadi amat menenangkan karena sobat bisa tidur pulas hingga pagi, sementara oli mengalir perlahan semalaman.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Kapan Waktu yang Tepat untuk 'Tambah Angin'?

    Ketahui waktu-waktu yang tepat untuk mengisi angin ban agar Anda bisa lebih dekat dengan tunggangan. More

  2. Mobil Kotor, Lebih Hemat BBM?

    Tersiar kabar bahwa mobil yang kotor akan lebih irit BBM. Bagaimana menurut Anda? More

  3. Tips Lewati Jalan yang Sedang Direkonstruksi

    Banyak kecelakaan lalu-lintas terjadi karena hal-hal yang terkesan tidak penting. Tips berikut adalah hal tidak penting yang terbilang penting untuk dijadikan panduan saat melintas di tengah kemacetan. More

  4. 8 Tips Mobil Anti Maling

    Lakukan hal-hal berikut ini untuk mengamankan kendaraan kamu dari aksi jahat para pencuri. More

  5. Cek Bagian Ini saat Motor Metik Mulai Mogok

    Tak usah panik saat motor matic tiba-tiba mogok. Periksa dua bagian ini dan tanggani sendiri tunggangan Anda More