Modifikasi Ban Cadas. Kamu Butuh Nggak?

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: Youtube/Stuntexru
iyaa.com | Jakarta: Tidak semua model tunggangan yang ditetaskan pabrikan otomotif, bisa sesuai dengan personalisasi dan kebutuhan bikers. Sehingga memodifikasi beberapa bagian mungkin perlu dilakukan agar kuda besi siap ditunggangi di berbagai situasi.

Seperti yang dilakukan kebanyakan masyarakat di wilayah pegunungan rawan longsor di Indonesia, dimana mereka membungkus roda-roda atau ban-ban sepeda motor mereka dengan rantai agar roda bisa lebih mencengkram medan tanah. Pemandangan ini bisa disaksikan di beberapa wilayah seperti kawasan pegunungan Pongkor, Jawa Barat.

Ide modifikasi ban dengan tujuan serupa, ternyata bukan hanya dilakukan di dalam negeri. Sebuah akun bernama Stuntexru di youtube, mengunggah video bagaimana ia memodifikasi ban sepeda motor agar bisa melaju dengan baik di atas salju.


Pertama yang harus diperhatikan adalah ban yang baik untuk model modifikasi ini yakni model tubeless. Pasalnya, ban model ini cenderung memiliki kontur yang lebih kuat ketimbang ban non-tubeless.

Kemudian, perhatikan ukuran sekrup yang akan digunakan untuk membuat ban spike ini. Jika ban akan digunakan di medan datar, sobat bisa menggunakan sekrup ukuran 1-1.5 cm. Tapi jika ban akan digunakan untuk pendakian, sebaiknya gunakan sekrup yang lebih panjang.

Teknik pengaplikasian sekrup juga tidak bisa asal bor. Sobat harus memastikan bahwa setiap sekrup memiliki jalur sendiri. Jika ada sekrup yang menembus jalur sekrup lainnya, maka ban bisa sobek dan ban spike pun gagal dibuat.

Terkait rentang jarak antar sekrup tersebut, setiap medan membutuhkan spike yang berbeda. Pada medan offroad seperti pendakian gunung, jarak lebar lebih direkomendasikan dan sebaliknya untuk medan jalan yang lebih mudah.

Setelah selesai memasang sekrup satu persatu dengan rapi, tutuplah sekrup dengan lakban dari arah dalam ban agar udara tidak keluar masuk dari rongga sekrup. Dan jangan lupa rapikan sisa lakban dengan cutter atau silet.

Sekarang, ban spike sudah jadi. Tapi Sobat masih punya pekerjaan terakhir yakni membuang pentil tubeless di velg karena ban spike kita akan menggunakan ban dalam sebagai penyimpan anginnya.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Saat 'Mobil Polisi India' Digarap DC Design

    Masih ingat mobil polisi India? Kalau Anda pernah menolak mimpi memiliki mobil tersebut, sebaiknya Anda mulai berharap terbalik sekarang. More

  2. Aksesoris Helm Ini, Bukan Hanya untuk 'Gaya-Gayaan'

    Ini model personalisasi helm yang gaya, nggak udik dan mendukung keselamatan. More

  3. Motor Adventur Royal Enfield jadi 'Brat Style' Anak Pantai

    Sinroja Motorcycles berhasil kembangkan imajinasi santai Brat Style pada angkernya adventur Himalayan. Apa imajinasi kamu? More

  4. Berapa yang Siap Anda Bayar untuk Mercy Ini?

    Para maniak mobil klasik bisaterusik dengan penampakan Mercy ini, terlebih setelah mengetahui capaian harganya. More

  5. Modifikasi Motor Ini "Nyinyir" Tapi Disukai

    Ada-ada saja ide para modifikator untuk membuat penampakan motor yang disukai banyak orang. Tak terkecuali ide pada modifikasi motor ini. More