Tips Lewati Jalan yang Sedang Direkonstruksi

| Editor : Muhammad Dzulfiqar

Foto: daihatsu.co.id
iyaa.com | Jakarta: Jalan-jalan protokol di Jakarta kini tengah menjalani pembangunan. Tak bisa dicegah, kemacetan pun pasti terjadi di ruas-ruas jalan tersebut.

Sebut saja, perempatan Pamuka, Mt. Haryono, Kuningan-Gatot Subroto, Sudirman, Fatmawati, Lebak Bulus hingga Ciledug. Melintas di area-area tersebut pasti harus ekstra sabar karena lalu lintasnya yang hampir lumpuh akibat pembangunan jalan.

Berikut ini ada tips sederhana yang bisa Anda terapkan agar berkendara menjadi lebih aman.

Jaga Jarak
Menjaga jarak kendaraan dengan kendaraan lain adalah hal utama saat menghadapi situasi jalanan yang seperti ini. Karena itu, spion sebagai pembantu pandangan dan klakson serta lampu sein sebagai alat komunikasi antar kendaraan harus dipastikan berfungsi dengan baik.

Waspada Rambu Jalan
Pada situasi crowded akibat aktifitas pembangunan jalan, banyak rambu dan marka yang berpindah posisi atau berada pada posisi front blind spot. Karenanya, Anda harus lebih awas dan waspada.

Rambu Lokal
Kewaspadaan bukan hanya pada rambu lalu-lintas dan marka jalan, Anda juga harus mengenal yang namanya 'rambu lokal'. Ini adalah sebutan untuk rambu yang digunakan penanggung jawab proyek jalan untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan. Rambu ini juga termasuk rambu lalu-lintas, namun penggunaanya yang situasional dan temporer membuat rambu ini disebut rambu lokal.

Jalan Alternatif
Sebagai pengendara, selalu siapkan jalan alternatif dalam pikiran Anda. Selain berfungsi menangani stres, menyiapkan jalan alternatif juga dapat mencegah kantuk yang disebabkan oleh kejenuhan otak.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Jalan Raya Paling Berbahaya di Dunia

    Ini adalah jalan jalan paling berbahaya di dunia yang telah meregang banyak nyawa traveller. Kenali medannya sebelum sobat mencoba jalur-jalur maut ini. More

  2. 9 Fitur Canggih VW yang Bantu Amankan Kamu di Jalan

    Ini teknologi keamanan dari Volkswagen VW yang bisa membuat pengendara merasa lebih aman selama di perjalanan meskipun ia dalam kondisi tidak baik. More

  3. Cukup Penyedot WC dan Pemanas untuk Perbaiki Body yang 'Penyok'

    Gunakan trik sederhana, mudah dan murah ini untuk mengobati mobil Anda yang penyok. More

  4. 2 Kunci Utama Cegah Kantuk saat Berkendara

    Mengantuk adalah hal berbahaya bagi pengendara yang bisa menyebabkan kematian. Pahami bagaimana kantuk terjadi dan cegah dengan 2 kunci ini More

  5. Bikers, Lindungi Bagian Tubuh Ini Sebelum 3 Bulan Absen Berkendara

    Semua bagian tubuh tentu harus selalu dilindungi. Dan untuk para bikers, dua bagian tubuh ini menjadi yang paling minim diperhatikan keselamatannya. More