Tayangkan Hal Berbau Mistik, 'Ekspedisi Merah' ANTV Ditegur KPI

| Editor : Putri Arya

ekspedisimerah
iyaa.com | Jakarta: Ekspedisi Merah tayang lagi di ANTV sejak 11 November 2017. Program realitas yang banyak menampilkan rekayasa mistis di beberapa cagar alam di Indonesia ini sebelumnya pernah tayang pada tahun 2010 hingga 2012 lalu.

Penayangan kembali Ekspedisi Merah berhasil menyedot perhatian penonton. Banyak dari penonton yang dibuat penasaran dengan petualangan Tengku Tezi, Bayu Lesmana, Jasi Michelle, dan Serigala Eksmer dalam menguak mitos yang beredar.

Foto: instagram/tengkutezi

Program ini pun tak luput dari pantauan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Lewat surat edaran tanggal 11 Januari 2018, KPI memberikan teguran tertulis pada Ekspedisi Merah ANTV.

KPI Pusat telah menemukan pelanggaran pada Program Siaran Ekspedisi Merah yang ditayangkan oleh stasiun ANTV pada tanggal 28 Desember 2017 pukul 15.29 WIB.

Program siaran tersebut menampilkan adegan penampakan seorang wanita yang tiba-tiba menghilang dan seorang peserta wanita tiba-tiba merasa kesakitan pada tengkuk lehernya saat tusuk konde yang dipercaya mempunyai kekuatan supranatural dibuang oleh salah seorang temannya.

Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas penggolongan program siaran yang mendorong remaja percaya pada kekuatan supranatural dan/atau mistik.

Selain itu, pada tanggal 29 Desember 2017 pukul 15.22 WIB memuat adegan seorang pria yang mengalami kesurupan dan penampakan manusia aneh.

KPI Pusat memutuskan bahwa tayangan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 21 Ayat (1) serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 37 Ayat (4) huruf b. Berdasarkan pelanggaran tersebut, KPI Pusat memberikan sanksi administratif Teguran Tertulis.

Writer: none

Berita Terkait

  1. Bikin Baper, Ada Gimmick di 'Ekspedisi Merah' ANTV?

    Jasi Michelle dan Bayu Lesmana bikin baper di Ekspedisi Merah ANTV. Begini reaksi netizen... More

  2. Bersaing di 'Jodoh Wasiat Bapak', Icha Anisa - Imaz Fitria Aslinya Akrab!

    Tak pernah akur di sinetronnya, pemeran Kania dan Ainun ini akrab di balik layar. More

  3. Della Puspita Ikut Main di 'Jodoh Wasiat Bapak' ANTV

    Rohaya Anwar Kecil-Kecil Jadi Manten tamat, Della Puspita gabung Jodoh Wasiat Bapak ANTV. More

  4. Produser Tegaskan 'Ekspedisi Merah' ANTV Bukan Settingan

    Kejadian aneh di reality show Ekspedisi Merah dituduh netizen hanya rekaya. Begini penjelasan produser. More

  5. Kania Diceritakan Meninggal, Fans 'Jodoh Wasiat Bapak' Protes

    Fans dibuat terkejut gara-gara adegan Adam di makan Kania di cuplikan episode terbaru. More