Now Reading:
KPI Peringatkan ‘Karma The Series’ ANTV Gara-Gara Adegan KDRT
Full Article 2 minutes read

KPI Peringatkan ‘Karma The Series’ ANTV Gara-Gara Adegan KDRT

iyaa.com | Jakarta: Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kembali layangkan surat peringatan tertulis untuk beberapa program TV. Salah satunya untuk Karma The Series ANTV.

Dalam surat peringatan tanggal 13 Maret 2018, KPI memperingatkan Karma The Series yang tayang di slot siang ANTV. KPI menyoroti adegan terkait Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang muncul dalam beberapa episode Karma The Series.

Berikut adegan yang jadi sorotan KPI dalam Karma The Series siang:

1. Tanggal 2 Maret 2018 mulai pukul 11.40 WIB:
– Seorang pria menarik istrinya yang sedang hamil ke kamar mandi lalu mendorongnya hingga terjatuh dan pendarahan;
– Adegan sorang pria yang hendak memperkosa pembantunya namun dipergoki istrinya lalu pria tersebut menampar istrinya tersebut.

2. Tanggal 26 Februari 2018 mulai pukul 11.57 WIB:
– Seorang pria yang membentak istrinya “…aku tuh paling benci dengan orang hamil. Aku drop! Engga nafsu tau ga!”;
– Seorang wanita yang sedang hamil mencari suaminya namun ternyata suaminya tersebut sedang berselingkuh dengan wanita lain.

KPI Pusat menilai muatan-muatan sarat konflik rumah tangga dan adegan kekerasan tersebut tidak layak ditayangkan pada jam tayang anak-anak dan remaja.

Hal ini berpotensi melanggar Pasal 15 dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a SPS KPI Tahun 2012 tentang kewajiban program siaran memperhatikan kepentingan anak-anak dan remaja serta larangan program siaran klasifikasi R menampilkan muatan yang mendorong remaja belajar tentang perilaku tidak pantas.

Berdasarkan hal tersebut KPI Pusat memutuskan untuk memberikan peringatan.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.