Now Reading:
7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Sepatu
Full Article 3 minutes read

7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Sepatu

iyaa.com | Jakarta: Bau sepatu yang tak sedap menjadi masalah yang umum dialami banyak orang. Penyebab sepatu menjadi bau terutama karena bakteri. Bakteri ini mudah berkembang biak di sepatu yang lembab.

Masalah bau busuk sepatu juga disebabkan karena keringat. Keringat yang dihasilkan kaki akan semakin mempermudah bakteri berkembang biak. Namun ada cara mudah untuk menghilangkan bau sepatu, seperti dilansir dari Natural Remedy Ideas berikut ini.

1. Baking Soda

Foto: doctoroz.com

Baking soda yang punya segudang manfaat ini bisa juga untuk menghilang bau sepatu. Caranya, taburkan baking soda ke dalam sepatu dan biarkan semalaman. Bersihkan sepatu dari baking soda pada pagi harinya dan sepatumu siap dipakai kembali.

2. Minyak Esensial

Foto: medicalnewstoday.com

Teteskan minyak esensial ke dalam sepatu. Atau bisa juga dengan meneteskan minyak esensial di atas kertas. Kemudian letakkan kertas tersebut ke dalam sepatu. Biarkan beberapa jam atau semalaman. Kamu bisa mencoba wangi eukaliptus, cengkeh, atau teh.

3. Alkohol

Foto: onegoodthingbyjillee.com

Alkohol mampu menghilangkan bau tak sedap sepatu. Caranya, usapkan alkohol ke bagian dalam sepatu. Hati-hati jangan terkena bagian luar sepatu karena akan merusaknya. Tak hanya menghilangkan bau, alkohol juga berfungsi sebagai desinfektan dan menghilangkan kotoran.

4. Teh Celup

Foto: mnn.com

Teh celup juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau sepatu, terutama teh hitam. Caranya, letakkan teh celup ke dalam air mendidih selama beberapa menit. Angkat teh celup, biarkan mendingin sekitar 5 menit, lalu taruh di dalam sepatu. Diamkan selama 1 jam atau lebih.

5. Pasir Kucing

Foto: frontpagemeews.com

Pasir kucing ada yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam wangi yang menyegarkan. Pasir wangi ini ternyata juga bisa menghilangkan bau sepatu. Taburkan pasir kucing ke dalam sepatu dan biarkan semalaman atau sampai baunya hilang. Setelah itu bersihkan sepatu dari pasir.

6. Bedak Bayi

Foto: deseretnews.com

Penggunaan bedak bayi adalah untuk pencegahan. Usapkan bedak bayi ke kakimu sebelum memakai sepatu, atau saat kakimu mulai berkeringat. Hindari wangi bedak bayi yang menyengat karena bisa memperparah bau sepatu.

7. Freezer

Foto: onecrazyhouse.com

Jika sepatumu masih saja bau, cara yang satu ini bisa membantu. Agak aneh, namun bau sepatu bisa hilang dengan memasukkannya ke dalam freezer. Taruh sepatu di dalam kantung yang dilengkapi ziplock. Letakkan di dalam freezer semalaman. Bakteri penyebab bau akan mati karena suhu dingin. Keluarkan dari freezer dan cek apakah masih bau. Jika tidak, sepatumu siap digunakan kembali.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.