Now Reading:
7 Tips Makeup untuk Kamu yang Punya Kulit Berminyak
Full Article 3 minutes read

7 Tips Makeup untuk Kamu yang Punya Kulit Berminyak

iyaa.com | Jakarta: Pemilik wajah berminyak pasti kesulitan dengan yang namanya makeup. Belum lama pakai makeup tahu-tahu muka sudah jadi kilang minyak saja. Belum berlanjut ke muncul masalah kulit seperti pori-pori besar atau jerawat. Bikin bete deh punya kulit wajah berminyak!

Tapi kamu tidak perlu khawatir lagi. Kamu bisa mengatasi masalah minyak di wajah yang mengganggu makeup dengan tips ini. Dilansir Style Craze, berikut 7 tips makeup untuk kamu yang punya kulit wajah berminyak.

1. Pakai primer

Foto: Makeup Geek

Primer tidak hanya membantu sebagai dasar makeup, tapi juga berfungsi sebagai pemisah antara kulit dan makeup sehingga makeup tidak menyumbat pori-pori. Primer juga membuat makeup kamu tahan lama. Karena kulit wajahmu berminyak, pilihlah primer yang bukan silikon. Silikon dapat menyebabkan alergi yang dapat membuat wajah mengalami breakout. Pilih juga yang mengandung asam salisid untuk membantu mengatasi jerawat.

2. Pilih foundation yang tepat

Foto: New York Color

Kebanyakan foundation akan luntur di kulit kamu yang berminyak sehingga perlu retouch makeup lagi. Cara mudah mengatasinya adalah dengan menggunakan bedak yang mengandung foundation. Cara ini akan mengurangi kilap dan membuat makeup tidak terasa berat. Kalau kamu suka pakai foundation cair, pilih yang water-based atau mousse foundation. Pilih yang mengandung silika karena dapat mengontrol minyak, juga produk yang non-comedogenic.

3. Gunakan bedak setiap saat

Foto: Repechage

Bedak tabur dapat membantu mengatasi kilap di wajah sekaligus untuk mengeset foundation. Hindari bedak yang menyediakan shimmer, kalau tidak wajahmu akan terlihat makin mengkilap.

4. Pilih matte blush

Foto: Beauty Drama Queen

Dibanding menggunakan shimmer, lebih baik kamu menggunakan matte blush. Lalu sebaiknya kamu juga menggunakan blush berbentuk powder dibanding yang berbentuk krim karena lebih tahan lama. Kalau kamu hanya punya yang bentuknya krim, pakai bedak translucent setelahnya.

5. Gunakan mineral makeup

Foto: u Read This

Bisa dibilang mineral makeup adalah penyelamat kamu yang punya kulit berminyak. Mineral makeup dibuat dari mineral anorganik serta oil free, sehingga baik untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Bahan utama makeup ini adalah zinc oksida dan titanium dioksida, yang keduanya berperan sebagai sunscreen. Jadi kamu tidak perlu lagi memakai sunscreen tambahan.

6. Jangan terlalu banyak mengaplikasikan produk makeup

Foto: Beauty Editor

Muka berminyak tidak ideal untuk makeup. Jika produk yang digunakan terlalu banyak, maka makeup kamu akan luntur dan bikin kulit terlihat cakey. Jadi minimalkan makeup yang kamu pakai.

7. Pilih produk yang oil free

Foto: Adia Adores

Kulit wajah yang bersih akan nyaman dipakaikan makeup, begitu juga dengan yang punya kulit berminyak. Jadi sebelum makeup kamu perlu membersihkan wajahmu dulu dengan oil-free cleanser dan toner.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.