Now Reading:
Jangan Asal Eksfoliasi, Pilih Produk yang Sesuai dengan Tipe Kulitmu
Full Article 3 minutes read

Jangan Asal Eksfoliasi, Pilih Produk yang Sesuai dengan Tipe Kulitmu

iyaa.com | Jakarta: Sel kulit mati yang menumpuk di wajah dapat membuat wajah terlihat kusam, menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga muncul jerawat, juga membuat riasan kurang menempel. Itu sebabnya kamu perlu setidaknya satu atau dua kali seminggu melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati.

Eksfoliasi cocok untuk tipe kulit apa pun. Namun ada baiknya gunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan tipe kulitmu agar tidak menimbulkan reaksi pada wajah. Dilansir dari Daily Vanity, berikut kandungan dalam eksfolian yang baik untuk masing-masing tipe kulitmu.

Kulit kering
Bagi kamu yang memiliki kulit kering coba gunakan eksfolian berbahan kimia ringan. Daripada ikut menggosok wajah secara langsung, lebih baik biarkan bahan kimia dalam eksfolian yang mengangkat sel kulit mati. Hindari eksfolian yang bahan kimianya kuat karena terlalu keras untuk kulit kering.

Sebaiknya gunakan eksfolian yang mengandung alpha-hydroxy acids (AHA) seperti glycolic acid (asam glikolat). Tidak hanya mengeksfoliasi kulit, kandungan glycolic acid juga membantu memproduksi kolagen dan mengunci kelembapan.

Kulit berminyak-berjerawat
Kekhawatiran pemilik kulit berminyak saat melakukan eksfoliasi adalah hilangnya kelembapan alami kulit. Oleh karena itu gunakan eksfolian yang mengandung AHA seperti glycolic acid atau beta-hydroxy acids (BHA) seperti asam salisilat. Jika kamu sedang berjerawat sebaiknya jangan lakukan eksfoliasi, Sebab ekfoliasi dapat menyebabkan micro-tears pada jerawat sehingga melepaskan bakteri penyebab jerawat.

Kulit kombinasi
Kulit kombinasi biasanya berminyak di daerah T-Zone dan kering di area lainnya. Cara terbaik eksfoliasi untuk kulit kombinasi adalah dengan memakai produk yang mengandung AHA di area wajah yang kering, dan menggunakan produk yang mengandung BHA di area T-Zone. Apabila kamu tidak mau repot, bisa menggunakan eksfolian yang mengandung bahan kimia seperti glycolic acid. Meski demikian cara tersebut tidak akan bekerja untuk area wajah yang berminyak.

Kulit normal
Beruntung bagi kamu yang punya kulit normal karena cukup mudah untuk melakukan ekfoliasi. Kamu bisa gunakan produk yang mengandung glycolic acid karena bisa menghidrasi kulit juga. Kalau kamu tidak mau mengeluarkan uang, kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan handuk basah. Kamu hanya perlu menyapukan handuk basah ke wajah setelah mencuci muka, nantinya tekstur handuk yang kasar akan bekerja mengangkat sel kulit mati.

Kulit sensitif
Pemilik kulit sensitif sebaiknya gunakan produk eksfolian yang mengandung asam ringan seperti enzim buah atau tanaman, misalnya pepaya. Bisa juga kamu menggunakan produk yang mengandung bahan kimia ringan seperti asam laktat. Sebaiknya kamu yang punya kulit sensitif melakukan eksfoliasi 1 kali seminggu atau satu kali 2 minggu agar wajahmu tidak overexfoliating.

Dan perlu diingat, meski kulitmu kering atau berminyak, kamu wajib menggunakan pelembap setelah melakukan eksfoliasi.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.