Now Reading:
Sulit Hilangkan Blackhead, Mungkin 7 Kesalahan Ini Masih Kamu Lakukan
Full Article 3 minutes read

Sulit Hilangkan Blackhead, Mungkin 7 Kesalahan Ini Masih Kamu Lakukan

iyaa.com | Jakarta: Blackhead merupakan salah satu masalah kulit yang juga mengganggu. Beragam cara dilakukan untuk menyingkirkan blackhead, seperti menggunakan pore strip. Meski demikian kadang masih ada blackhead yang membandel dan tidak mau lenyap. Cara tercepat menyingkirkannya biasanya dengan memencetnya langsung dengan tangan.

Saat kamu berupaya melenyapkan blackhead dengan tangan, mungkin ada kebiasaanmu yang ternyata salah sehingga membuat blackhead itu tidak lenyap juga. Apa saja kesalahan tersebut? Berikut ini 7 kesalahan yang sering dilakukan saat hendak menyingkirkan blackhead, dilansir dari Daily Vanity.

1. Tanganmu kotor

Foto: Country Living

Peraturan pertama dalam urusan perawatan wajah adalah selalu cuci tanganmu terlebih dahulu. Begitu juga saat hendak menyingkirkan blackhead. Kalau kamu menyingkirkan blackhead tanpa mencuci tangan dulu, maka bakteri dari tangan akan masuk ke pori-pori dan menyebabkan jerawat.

2. Eksfoliasi berlebihan

Foto: Be Asia

Eksfoliasi memang penting dalam rutinitas kecantikan. Akan tetapi jangan berlebihan karena akan menyebabkan kulit mengalami iritasi, yang mana justru memperparah dengan memicu produksi sebum lebih banyak. Eksfoliasi wajah dengan perlahan dan lakukan satu atau dua kali seminggu.

3. Tidak mempersiapkan kulit

Foto: Khoobsurati

Tidak hanya tangan yang harus bersih, kulitmu juga harus bersih dan dipersiapkan terlebih dulu. Sebelum memencet blackhead, kamu harus mencuci wajah dulu, lalu uapkan wajah dengan air panas agar pori-pori terbuka. Kamu juga bisa mengaplikasikan pelembap terlebih dahulu. Waktu terbaik memencet blackhead adalah saat selesai mandi.

4. Memencet dengan kuku

Foto: Allure

Blackhead yang bandel memang bikin gemes. Jadi kita suka memencetnya dengan kuku supaya blackhead-nya tercabut. Padahal memencet keluar blackhead dengan kuku tidak akan mencabut blackhead, yang ada justru meninggalkan bekas. Cabut blackhead sebaiknya dengan jari serta lakukan dengan tekanan yang tidak terlalu kuat. Atau bisa juga gunakan alat pencabut blackhead apabila kamu punya alatnya.

5. Terlalu kuat menekannya

Foto: Daily Vanity

Sudah disinggung sebelumnya, cabut blackhead dengan tekanan yang tidak terlalu kuat. Posisikan jari tidak terlalu berdekatan agar lebih mudah mengeluarkan blackhead. Kalau kamu ingin memencetnya, ganti posisi jari di sekitar blackhead secara terus-menerus agar tidak meninggalkan bekas.

6. Memaksa blackhead keluar

Foto: Live Strong

Saat sedang menyingkirkan blackhead pasti kamu sering geregetan karena blackhead-nya tidak muncul juga. Mulai sekarang jangan memaksa blackhead yang belum keluar dengan memencetnya terus menerus. Singkirkan saja blackhead yang sudah muncul dan abaikan yang belum terlihat menonjol.

7. Kamu lupa perawatan setelahnya

Foto: Allure

Setelah menyingkirkan blackhead apa yang kamu lakukan? Apakah membiarkannya dan beralih ke pekerjaan lain? Kebiasaan tersebut mulai sekarang jangan dilakukan lagi. Setelah memencet blackhead, kamu harus melakukan perawatan setelahnya. Jangan dibiarkan begitu saja. Kamu hanya perlu mengenakan sheet mask untuk mendinginkan kulit. Baiknya gunakan sheet mask yang mengandung ekstrak aloe vera dan vitamin E.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.