Now Reading:
5 Kesalahan yang Dilakukan Pemilik Kulit Berminyak, Nomor 4 Paling Fatal
Full Article 2 minutes read

5 Kesalahan yang Dilakukan Pemilik Kulit Berminyak, Nomor 4 Paling Fatal

iyaa.com | Jakarta: Masing-masing tipe kulit punya masalahnya masing-masing, begitu juga dengan pemilik kulit berminyak. Wajah yang terlihat mengkilap, pori-pori terlihat besar, serta rentan berjerawat jadi beberapa masalah yang menimpa si pemilik kulit berminyak.

Meski sudah menggunakan produk skincare untuk kulit berminyak, tapi masalah kamu belum teratasi juga. Coba perhatikan lagi kebiasaanmu, mungkin ada caramu yang salah dalam mengatasi masalah minyak berlebih di mukamu. Dilansir dari Beauty MNL, berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang punya kulit berminyak.

1. Cuci muka terlalu sering

Foto: Greatist

Berlebihnya produksi minyak di wajah sering membuat wajah terlihat mengilap serta kusam. Pastinya kamu jadi ingin sering mencuci muka bukan. Namun bukan berarti kamu boleh mencuci muka terlalu sering. Terlalu sering mencuci wajah justru akan menghilangkan minyak alami yang diperlukan. Akibatnya kelenjar sebaceous kamu jadi memproduksi minyak lebih banyak untuk menggantikan minyak alami yang hilang.

2. Menggunakan eksfoliator yang berbahan keras

Foto: Beautynesia

Eksfoliasi penting dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati. Namun perhatikan bahan-bahannya. Jika produk eksfolian kamu terlalu keras kandungannya maka wajahmu akan berakhir dengan iritasi.

3. Menggunakan skincare yang mengadung alkohol

Foto: Skincare

Banyaknya produk kecantikan yang mengandung alkohol membuatmu harus teliti melihat kandungan bahan dalam sebuah produk, terlebih toner atau astringent. Bahan ini baik untuk mengeringkan jerawat, sayangnya alkohol juga menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alaminya.

4. Melewatkan pelembap

Foto: Khoobsurati

Orang yang punya kulit berminyak sering melewatkan pelembap karena takut wajah semakin berminyak. Jangan salah, kamu tetap butuh pelembap. Meski berminyak, kulitmu dapat mengalami dehidrasi, terutama setelah mencuci wajah. Itu sebabnya kamu tidak boleh melewatkan pelembap.

5. Menyepelekan produk anti-aging

Foto: Dermatology Alliance

Kamu pernah denger gak kalau wajah orang yang punya kulit berminyak tidak cepat muncul keriput alias awet muda? Anggapan tersebut sebenarnya tepat, tapi munculnya garis halus tidak akan terhindarkan apa pun tipe kulit kamu. Jadi meski agak lambat dibanding tipe kulit lain, bukan berarti kamu boleh menyepelekannya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.