Now Reading:
8 Kesalahan Saat Makeup yang Sering Dilakukan
Full Article 3 minutes read

8 Kesalahan Saat Makeup yang Sering Dilakukan

iyaa.com | Jakarta: Makeup merupakan kegiatan yang umum dilakukan perempuan. Tapi ada saat-saat dimana kamu tidak puas dengan makeupmu. Kalau kamu merasa makeup kamu kurang bagus, mungkin kamu telah melakukan beberapa kesalahan berikut. Di bawah ini merupakan kesalahan yang umum dilakukan saat bermakeup, dilansir dari Style Craze.

1. Makeup-an saat kulit kering

Foto: Beauty Editor

Kalau kulit kamu lagi kering banget, jangan sekali-kali makeup-an ya. Yang ada nanti wajahmu justru terlihat flaky. Pokoknya gak banget deh. Jadi pastikan wajahmu terhidrasi sebelum memakai makeup.

2. Makeup di bawah cahaya yang tidak natural

Foto: Decor Snob

Cahaya juga berpengaruh loh dalam menghasilkan makeup yang bagus. Jadi kalau makeup kamu hari ini kurang blend, mungkin aja saat makeup-an cahaya di sekitarmu kurang natural. Jadi kalau mau makeup-an lakukan di tempat yang cahayanya natural.

3. Teknik blending yang salah

Foto: Huffington Post

Blending penting untuk membuat hasil makeup kamu terlihat natural. Jadi jangan asal-asalan saat blending face primer atau foundation. O ya, dibanding menggunakan jari lebih baik saat blending makeup gunakan foundation brush atau beauty blender. Soalnya meratakan makeup dengan jari justru membuat produk berpindah dan bukan meratakan.

4. Kebanyakan foundation

Foto: Cuvious

Foundation digunakan untuk menyempurnakan dan meratakan warna kulit. Itu sebabnya banyak yang salah kaprah dengan guna foundation ini. Banyak yang mengira foundation dapat menutupi noda di wajah sehingga foundation digunakan dalam jumlah banyak. Foundation yang terlalu banyak justru membuat wajah kamu terlihat cakey. Kalau kamu ingin menutupi noda hitam, kemerahan, atau mata panda jangan gunakan foundation, tapi gunakan concealer. Satu lagi yang perlu diingat, pilih foundation sesuai undertone kulit kamu.

5. Salah mengaplikasikan concealer

Foto: Vine Vera

Pakai foundation dulu atau concealer dulu? Urutan yang satu ini masih banyak jadi perdebatan. Sebaiknya pakai foundation dulu baru pakai concealer. Foundation gunanya untuk meratakan warna kulit, sementara concealer sering digunakan untuk menutupi kekurangan atau mata panda. Jadi tutupi kekurangan di wajah setelah foundation blending dengan sempurna.

Ada dua hal yang perlu diingat saat memakai concealer. Pertama, jangan gunakan concealer terlalu banyak di satu area. Kedua, jangan gunakan satu concealer untuk mengatasi semua kekurangan di wajah. Concealer punya beberapa warna, gunakan warna-warna tersebut untuk mengatasi masalah di wajahmu. Gunakan warna hijau untuk menutupi warna kemerahan jerawat, atau warna peach untuk menyamarkan dark circle.

6. Overblush

Foto: Celebrity Content

Salah mengaplikasikan blush dapat membuatmu terlihat seperti badut. Sebelum menggunakan blush jangan lupa pakai foundation terlebih dulu. Kalau tidak warna blush akan sangat menyala di pipimu. Dan jangan lupa sebelum membubuhkan blush, ketuk-ketuk brush dulu untuk mencegah warna blush menempel terlalu banyak.

7. Menyesuaikan makeup dengan pakaian

Foto: Style Bistro

Menyesuaikan makeup dengan warna pakaian akan membuatmu terlihat norak. Para makeup artist menyarankan kalau warna pakaianmu vibrant, kenakan makeup natural. Sementara kalau kamu mengenakan warna metalik, hindari makeup yang glossy.

8. Makeup mata dan bibir yang menonjol

Foto: instagram/taylor_hill

Kamu terkadang ingin menonjolkan bagian mata atau bibirmu. Tapi perlu diingat jangan tonjolkan keduanya bersamaan. Kalau kamu ingin menonjolkan makeup matamu, gunakan lipstik nude atau netral. Kalau kamu ingin bagian bibir kamu jadi pusat perhatian, kenakan eye makeup dengan warna-warna natural.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.