Now Reading:
Bibir Kering jadi Masalah, Ini yang Harus Kamu Lakukan dan Hindari
Full Article 2 minutes read

Bibir Kering jadi Masalah, Ini yang Harus Kamu Lakukan dan Hindari

iyaa.com | Jakarta: Bibir kering merupakan masalah yang sering dialami banyak orang. Ditambah lagi buat perempuan, punya bibir kering bikin lipstik apa pun, mau murah atau mahal, jadi terlihat jelek. Dilansir dari Today.com, Dr. Jessica Wu, dermatologis asal New York, membeberkan hal-hal yang harus kamu lakukan dan hindari saat bibirmu kering.

Yang harus dilakukan:

Foto: Lily Not Louise

1. Minum banyak air
“Selalu lembap merupakan kuncinya” papar Dr. Wu. Saran ini sudah banyak orang yang tahu, sayangnya masih banyak yang jarang melakukannya.

2. Gunakan lip balm yang mengandung SPF
Sama seperti bagian kulit lainnya, bibir juga akan menua dan dapat terkena kanker. Oleh karena itu lindungi dengan lip balm yang memiliki kandungan SPF di dalamnya. Perlu diingat juga, jangan hanya menggunakan lip balm saat siang hari. Malam hari sebelum tidur kamu juga perlu untuk memakai lip balm.

3. Makan ikan
Ikan memiliki kandungan omega 3 di dalamnya yang mana baik untuk menghidrasi kulit. Jadi disarankan kamu banyak memakan ikan agar bibir dan kulitmu sehat. Kalau kamu tidak suka ikan, kamu bisa mengkonsumsi minyak ikan yang berbentuk pil.

4. Eksfoliasi bibir dengan gula
Bukan hanya kulit wajah saja yang perlu dieksfoliasi, bibir pun juga perlu dihilangkan sel kulit matinya. Gula punya zat humektan yang mampu melembapkan. Kamu hanya perlu mencampurnya dengan madu dan eksfoliasi di rumah.

5. Gunakan lip balm di luar garis bibir
Bukan hanya di bibir saja, kamu juga perlu memakai lip balm di area luar garis bibir kamu.

Yang perlu dihindari:

Foto: wikiHow

1. Menjilat bibir
Beberapa orang punya kebiasaan menjilat bibir. Mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut karena saliva atau air liur kamu dapat membuat bibir jadi kering.

2. Mengelupas bibir yang kering
Kebiasaan yang satu ini sering dilakukan banyak orang. Mengelupas bibir dapat membuat bibir berdarah sehingga membuat bibir tidak sehat dan bisa menyebabkan infeksi.

3. Menggunakan lip balm yang mengandung mint, menthol, atau cinnamon
Ada beberapa lip balm yang beraroma mint, menthol, atau cinnamon. Kandungan tersebut mempunyai efek mendinginkan, namun bahan tersebut dikenal dapat mengiritasi bibir.

4. Memakai produk kedaluwarsa
“Orang sering menyimpan lip gloss dalam waktu lama. Tapi itu dapat melewati tanggal kedaluwarsa atau lipstiknya jadi kering” papar Dr. Wu. Bahkan ia melanjutkan lipstik lama dapat mengundang bakteri tumbuh di sana.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.