Now Reading:
Banyak Muncul di Produk Acne-Treatment, Apa sih Salicylic Acid Itu?
Full Article 2 minutes read

Banyak Muncul di Produk Acne-Treatment, Apa sih Salicylic Acid Itu?

iyaa.com | Jakarta: Punya masalah kulit memang gak menyenangkan, terutama jerawat, karena bikin kamu jadi gak percaya diri. Untuk menghilangkan atau mengobatinya kamu tentu perlu menggunakan produk khusus untuk acne-treatment. Tapi pernah gak kamu perhatikan ingredients produk acne-treatment yang kamu beli?

Rupanya ada satu bahan penting yang selalu muncul dalam produk acne-treatment, yaitu Salicylic Acid. Bahan ini bekerja untuk mengeringkan jerawat agar cepat kempes. Tapi apa cuma itu saja cara kerja dari salicylic acid ini. Yuk, kita cari tahu!

Salicylic acid merupakan tipe beta-hydroxy acid (BHA) yang dapat mengobati jerawat dengan mengangkat sel kulit mati dan mengeluarkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Zat ini juga dapat mengurangi produksi minyak. Dr. Bowe memaparkan mengapa zat ini dapat mengatasi jerawat.

“Sel-sel pada lapisan folikel rambut orang yang berjerawat cenderung bertambah banyak dengan cepat, dan juga menempel satu sama lain. Zat ini bekerja dengan melarutkan sel tersebut, yang membuat pori-pori tersumbat,” papar Dr. Bowe, dikutip dari Teen Vogue.

Tidak hanya mengatasi jerawat, salicylic acid juga dapat melembutkan kulit. Takaran salicylic acid yang diperbolehkan dalam sebuah produk biasanya antara 0.5% sampai 2%. Lebih dari itu harus menggunakan resep dari dokter karena pemakaian salicylic acid berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi kulit.

“Kebanyakan produk acne-treatments dapat membuat kulit kemerahan dan meradang saat kulit sedang menyesuaikan diri. Bahan ini unik karena efektif melawan jerawat tetapi juga melembutkan, mempunyai efek menenangkan,” lanjutnya lagi.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai salicylic acid. Kalau kulitmu berjerawat, sangat baik menggunakan produk yang memiliki salicylic acid dalam ingredients-nya. Tapi kalau kulit kamu kering, hindari salicylic acid dalam produk kamu.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.